APK Paslon Pilgub Sultra Mulai Dipasang

KENDARI, Rubriksultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra bersama tim pasangan calon dan Bawaslu mulai memasang alat peraga kampanye (APK) pasangan calon Gubernur Sultra, Minggu 25 Februari 2018. Pemasangan APK ini dilakukan secara simbolik di sekitaran MTQ Square Kendari.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengaku, pihaknya baru menyerahkan 30 persen APK kepada setiap paslon pada 23 Februari 2018 kemarin. Sisanya, akan diserahkan pada Maret 2018 nanti.

- Advertisement -

“Kita lihat langsung pemasangan APK itu karena kita sudah memberikan anggaran pemasangannya bersamaan alat peraganya,” ungkap Hidayatullah di MTQ Square Kendari.

Untuk anggaran pemasangan baliho, kata dia, setiap paslon mendapatkan dana dari KPU Rp 600 ribu.

Setiap paslon, kata dia, mendapatkan baliho lima lembar setiap kabupaten atau kota. Umbul-umbul sebanyak 15 lembar setiap kecamatan dan spanduk sebanyak 1 buah untuk setiap desa atau kelurahan.

Selain diadakan oleh KPU, paslon juga boleh menambah 150 persen dari yang diadakan KPU. Ini untuk mengantisipasi kerusakan. “Semua dipasang di lokasi yang disetujui dengan pemerintah daerah. Hari ini kita pasang secara simbolis saja,” jelasnya.

Menurutnya, setelah dipasang, masing-masing paslon wajib menjaga alat peraga kampanyenya. “Ini jadi tanggung jawab masing-masing paslon. Mereka yang mengontrol dan merawatnya sendiri,” katanya.

Hidayatullah meminta agar pemasangan APK ini sesuai dengan petunjuk pemerintah daerah masing-masing. APK juga harus dipasang seindah mungkin tanpa merusak pemandangan. “Pasangnya serapi mungkin, seestetik mungkin, tidak mengganggu pemandangan umum dan lalu lintas,” ujarnya.

Selain telah menyerahkan sebagian baliho, spanduk dan umbul-umbul, KOU Sultra juga telah menyerahkan sebanyak 30 persen pamflet, brosur dan selebaran paslon untuk dibagikan ke masyarakat. “Untuk brosur dan selebaran ini kita hanya adakan 50 persen dari 74 ribu KK,” katanya. (admin)

Baca Juga :  Ada Temuan Awal BPK di Baubau

 

 

 

 

 

 

Sumber: Inilahsultra

Facebook Comments