Gempa 3,4 SR Guncang Konawe Utara

Titik gempa 3,4 SR yang mengguncang wilayah Kabupaten Konawe Utara. (Foto BMKG)

KENDARI, Rubriksultra.com- Gempa bumi tektonik dilaporkan terjadi di wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut). Gempa tercatat terjadi pada pukul 13:06:09 WITa, Rabu 15 Juli 2020.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia dalam rilisnya menyatakan, berdasarkan hasil analisa BMKG, menunjukkan informasi gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 3,4 Skala Richter (SR).

- Advertisement -

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.48 LS, 122.03 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13,4 kilometer Barat Laut Konawe Utara pada kedalaman 19 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lawanopo di Barat Laut Konawe Utara.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Wilayah Konawe Utara khususnya Kecamatan Sawa II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 16.00 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan,” katanya.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tutupnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Direktur Kesbangpol Kemendagri Jabat Pj Sekda Sultra