Bhabinkamtibmas dan Babinsa Wameo Sulap Pos Jadi E-Ruang Belajar Gratis

Suasana e-ruang belajar yang dicetuskan Bhabinkamtibmas Wameo Polres Baubau, Bripka Muchsin Azis dan Babinsa Kodim 1413 Buton, Serda Bardin dibantu Kelurahan Wameo. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Inovasi baru lahir melalui pemikiran brilian Bhabinkamtibmas Wameo Polres Baubau, Bripka Muchsin Azis dan Babinsa Kodim 1413 Buton, Serda Bardin. Keduanya mengubah pos yang tidak terawat menjadi pusat belajar mengajar secara elektronik yang mereka namai E-Ruang Belajar bagi peserta didik tanpa dipungut biaya.

Bripka Muchsin Azis mengaku dirinya tak sendiri. Ia bersama Babinsa, Serda Bardin dan Pemerintah Kelurahan Wameo mencetuskan ide itu menjadi kenyataan.

- Advertisement -

Alhasil, melalui wadah ruang belajar itu dibentuklah ide sebagai inovasi di bidang pendidikan.

Bripka Muchsin Azis mengatakan, konsep terbentuknya e-ruang belajar gratis ini termotivasi dari keadaan siswa yang saat ini mengalami kesulitan belajar di masa pandemi Covid-19. Dimana para pelajar diharuskan mengikuti proses belajar melalui media internet.

“Sementara sebagian besar masyarakat Kelurahan Wameo hampir belum bisa menikmati layanan internet secara merata, baik disebabkan tidak memiliki paket data internet atau tidak memiliki perangkat handphone android. Sehingga kami manfaatkan bangunan pos yang sudah lama tidak difungsikan jadi ruang belajar,”beber Bripka Muchsin Azis melalui sambungan telepon selulernya, Rabu 22 Juli 2020.

Kata dia, e-ruang belajar ini dilengkapi jaringan Indihome. Bagi siswa yang ingin belajar tidak dipungut biaya sepeserpun.

Bahkan acap kali, siswa dan pelajar diberi ilmu pengetahuan secara langsung.

“Memang tujuan kami untuk keperluan belajar siswa atau mahasiswa melalui sarana internet sehingga dapat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan melalui internet yang kami sediakan,” ucapnya.

Ia berharap, inovasi yang mereka cetuskan dapat bermanfaat dengan baik dan tidak membuat siswa susah mendapat ilmu pengetahuan. (adm)

Penulis: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Safari Ramadan, KNPI Baubau Bantu Anak Yatim