Sensus Penduduk di Baubau Sukses

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin menerima penghargaan atas dukungan menyukseskan sensus penduduk di Rujab Wali Kota Baubau, Selasa 11 Agustus 2020. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Sensus penduduk 2020 secara online di Kota Baubau cukup sukses. Capaian melewati target sebanyak 48 persen dari jumlah penduduk.

Atas capaian ini, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Baubau memberikan piagam penghargaan kepada Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin atas dukungan menyukseskan sensus penduduk di Rujab Wali Kota Baubau, Selasa 11 Agustus 2020.

- Advertisement -

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin mengapresiasi kinerja seluruh jajaran BPS atas kegigihannya melaksanakan tugas meski di tengah pandemi Covid-19. Ia pun memberikan dukungan penuh atas kegiatan tersebut.

Menurut Dr AS Tamrin, data-data statistik itu sangat penting dalam hal menghasilkan suatu perencanaan yang komprehensif khususnya bagi Pemkot Baubau.

“Untuk itu, saya himbau masyarakat agar memberikan dukungan berupa informasi yang akurat kepada petugas sensus,” katanya.

Orang nomor satu di Baubau ini juga memberikan penguatan kepada petugas BPS agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama bertugas. Selalu pakai masker, cuci tangan atau gunakan hansanitizer dan hindari konsentrasi massa.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Baubau memberikan piagam penghargaan kepada Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin atas dukungan menyukseskan sensus penduduk di Rujab Wali Kota Baubau, Selasa 11 Agustus 2020. (Foto Istimewa)

Kepala BPS Kota Baubau, Sudirman K menjelaskan, sensus penduduk online yang dilaksanakan sejak Februari hingga akhir Mei 2020 lalu mendapat respon cukup tinggi dari masyarakat Kota Baubau. Bahkan, angka partisipasi penduduk melebihi target.

“Pencapaian sensus di Kota Baubau mencapai 48 persen dari total jumlah penduduk, jauh lebih tinggi dibandingkan daerah lain yang hanya berkisar 20-24 persen. Ini terjadi karena dukungan dari Pemerintah Kota dalam hal ini Wali Kota Baubau,” tukasnya.

Hingga saat ini, Sudirman K belum bisa mengetahui pasti total jumlah penduduk Kota Baubau. Sebab, masih ada sekitar 52 persen sisa penduduk belum berpartisipasi dalam sensus secara online.

“Penduduk yang belum ikut online ini akan dilakukan sensus penduduk dari rumah ke rumah pada September 2020. Sementara ini kita sedang merekrut 125 petugas sensus. Alhamdulillah, pak Wali Kota juga sudah menandatangani dukungan untuk sensus offline,” pungkasnya. (adm)

Baca Juga :  Disdukcapil Baubau Rencana Pindah Kantor di Palagimata

Penulis: Ady

Facebook Comments