AS Tamrin Tegur Lurah Kaisabu Baru

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin menegur Lurah Kaisabu Baru gara-gara tidak memajang icon PO-5 di kantor kelurahan. Orang nomor satu di Baubau ini sempat terlihat emosional saat mencanangkan Kelurahan Kaisabu Baru jadi Kampung Keluarga Berkualitas (KB), Senin 10 Agustus 2020 lalu.

Menurut Dr AS Tamrin, PO-5 merupakan bentuk implementasi penerapan nilai-nilai yang sangat pantas disematkan dalam sendi-sendi kehidupan. Makanya perlu dipajang agar masyarakat dapat mengingat nilai-nilai yang terkandung didalam PO-5 itu.

- Advertisement -

“Mana icon PO-5 ini kenapa tidak dipasang, kalau tidak dipasang saya persoalkan lurahnya. Betul ini, saya tidak main-main,” tegasnya.

“Kalau tidak pasang, saya akan sanksi. Itu tidak usah diperdebatkan, itu murni. Saya tidak bicara soal Tampil Manis atau Tampil Mesra, tapi Po-5 itu menjadi representasi kita. Nilai yang terkandung didalam itu universal, mulia itu artinya, dimana menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal, makanya saya canangkan itu harus diterapkan,” tambahnya.

Alumni Lemhanas ini pun meminta agar icon itu segera dipajang. Meski isi yang terkandung didalamnya belum terlalu dipahami tapi paling tidak bisa diimplementasikan secara baik.

“PO-5 dalam kehidupan sehari-hari itu harus ada, harus terpatri didalam batin kita terutama masyarakat Kota Baubau. Bagaimana mau menciptakan keluarga yang berkualitas kalau itu tidak diterapkan,” pintanya.

Lurah Kaisabu Baru, Arianto dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Rabu 13 Agustus 2020 mengatakan, icon PO-5 yang dimaksud Wali Kota Baubau sudah lama ada, bahkan selalu dipajang di depan pintu. Akan tetapi karena adanya kegiatan, makanya dipindah ke dalam kantor.

“Icon PO-5 itu saya selalu pajang, hanya saja pada saat itu ada baliho kegiatan pencanangan itu makanya tertutup. Sementara icon yang lain dipindahkan ke dalam kantor karena ada kegiatan pencanangan kampung KB. Saat itu saya mau ambilkan, hanya tidak lagi dibahas jadi saya tidak jadi ambil,” katanya.

Baca Juga :  KUPP Baubau Sidak Kelengkapan Alat Keselamatan Kapal Ferry

Arianto mengaku berbagai kebijakan yang dilakukan pihaknya selalu menyelipkan makna yang terkandung didalam PO-5 kepada masyarakat. Menurutnya, disertasi Wali Kota Baubau mengenai faslsafah PO-5 sangat luar biasa ketika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (adm)

Penulis: Ady

Facebook Comments