Pemkot Baubau Siapkan Rp 1 Miliar untuk Bantu Petani

Muhammad Rais

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau menganggarkan Rp 1 Miliar dari Dana Insentif Daerah (DID) untuk membantu para petani. Bantuan berupa bibit tanaman holtikultura, obat-obatan untuk tanaman serta pembangunan saluran irigasi.

Kepala Dinas Pertanian Kota Baubau, Muhammad Rais menjelaskan, bantuan bibit tanaman holtikutura ini akan dibagikan kepada petani terdampak Covid-19. Tanaman holtikultura dipilih karena harga komoditas ini masih normal.

- Advertisement -

“Selain itu, sayuran holtikultura juga lebih cepat panen, sehingga petani lebih cepat mendapatkan hasilnya dibanding tanaman pangan berupa beras atau jagung,” kata Muhammad Rais di kantor Bappeda Baubau, Rabu 19 Agustus 2020.

Namun Muhammad Rais belum bisa merinci jumlah petani yang bakal mendapat bantuan ini. Yang jelas, kata dia, bantuan bibit dan obat-obatan tanaman itu bakal diberikan kepada tiap-tiap kelompok tani.

“Sedangkan sisa dana lainnya digunakan untuk pembangunan saluran irigasi persawahan yang ada di Kecamatan Bungi,” katanya.

Dirinya berharap dengan adanya bantuan ini dapat meringankan petani. Utamanya beban ekonomi di tengah pandemi Covid-19 saat ini. (adm)

Penulis: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  11 Perwira Polres Baubau Berganti