Pemkab Busel Gandeng UHO Kembangkan Potensi Perikanan

Seminar akhir penyusunan dokumen sistem logistik dan laporan distribusi pemasaran hasil perikanan di Hotel Al Safitri, Senin 31 Agustus 2020. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Halu Oleo untuk mengembangkan potensi perikanan. Hal itu tertuang dalam seminar akhir penyusunan dokumen sistem logistik dan laporan distribusi pemasaran hasil perikanan di Hotel Al Safitri, Senin 31 Agustus 2020.

Kegiatan ini dibuka Asisten I Setda Buton Selatan, Muslim Taangi. Peserta kegiatan melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Busel serta dua pemateri dari LPPM Universitas Halu Oleo.

- Advertisement -

Asisten I Setda Buton Selatan, Muslim Taangi mengatakan, potensi Busel harus terus dikembangkan apalagi Busel merupakan salah satu daerah maritim. Tujuannya untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita berharap seminar ini akan menghasilkan beberapa rekomendasi yang nantinya akan menjadi dasar pada pengembangan potensi di Buton Selatan,” katanya.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbang) Busel, La Ode Muhamad Yusuf Hibali menjelaskan, seminar ini dilaksanakan dengan maksud untuk meningkatkan kapasitas dan stabilitas sistem produksi dan pemasaran perikanan nasional.

Selain itu untuk meningkatkan efisiensi pasokan ikan, bahan dan alat produksi serta memperkuat dan memperluas konektivitas antara sentra produksi hulu, produksi hilir dan pemasaran secara efisien.

“Ada empat tujuan yang ingin dicapai dari seminar ini. Pertama untuk mengumpulkan data dan informasi tentang keragaman usaha perikanan,” katanya.

Kedua untuk mengumpulkan data dan informasi tentang rantai distribusi dan pemasaran produksi dan produk perikanan, mengumpulkan data dasar untuk menentukan kapasitas produksi perikanan tangkap dan pengolahan hasil perikanan, dan memberikan arahan bagi pengembangan sistem logistik ikan di Busel sebagai bagian sistem logistik ikan nasional.

Sedang untuk sasarannya untuk meningkatkan reliabilitas perencanaan dan pengendalian sistem logistik, meningkatkan produksi dan ketersediaan ikan untuk konsumsi dan usaha pengolahan, dan meningkatkan sarana dan prasarana produksi, pengolahan, pemasaran dan sistem informasi pendukung sistem logistik.

Baca Juga :  Satpol PP Busel Komitmen Bekerja Lebih Profesional

“Serta mendorong peran sektor perikanan khususnya perikanan tangkap di Buton Selatan menjadi ekonomi regional dan nasonal,” tandasnya. (adm)

Penulis : Syahrir

Facebook Comments