Forum Kewaspadaan Dini Bantu Awasi Pilkada di Butur

Agus Pria Budiana

BURANGA, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Butur membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). Forum ini bertugas membantu mengawasi jalannya pilkada serentak 2020.

Kepala Kesbangpol Buton Utara, Agus Pria Budiana mengatakan, pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan pihak penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu selaku pelaksana urusan pemerintahan di daerah. Selain itu, terkoneksi pula pada pihak pengamanan baik itu TNI, Polri maupun Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP).

- Advertisement -

“Terkait dengan monitoring evaluasi, kita di Kesbangpol juga memang punya kewajiban khusus pembinaan ketertiban di masyarakat. Makanya forum FKDM ini dibentuk,” katanya.

Kata dia, forum yang dibentuk mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa. Bila ada hal yang dinilai menyimpang atau ada kekhawatiran di kalangan masyarakat, maka FKDM bisa langsung berkoordinasi lintas tingkatan.

“Ada juga pihak pengamanan terdekat di wilayah masing-masing yaitu babinkambtibmas, babinsa, polsek dan koramil, termasuk pihak pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa,”jelasnya.

Agus Pria Budiana berharap pesta demokrasi kedepan melahirkan pemimpin terbaik yang bisa membawa kemaslahatan masyarakat di Buton Utara. (adm)

Penulis : Sri

Facebook Comments
Baca Juga :  Kepala Kemenag Butur Lantik Dua Pejabat Eselon IV