Sisir Daratan Buton, PJ Gubernur Ingatkan ASN Tak Terlibat Politik Praktis

BAUBAU, Rubriksultra.com – PJ Gubernur Sulawesi Tenggara, Teguh Setyabudi menyisir kabupaten-kabupaten di Kepulauan Buton. Perjalanan dalam rangka meninjau kesiapan penyelenggaraan Pilkada serentak ini dimulai dari Kota Baubau, Kabupaten Buton Selatan dan berakhir di Kota Baubau.

Di Kota Baubau, rombongan PJ Gubernur yang disambut Pj Walikota Baubau, Hado Hasina langsung menggelar rapat koordinasi dengan aparat Pemda Baubau.

- Advertisement -

Dalam rapat terbuka itu, Teguh kembali mengingatkan  Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak terlibat politik praktis. Baik dalam momentum pemilihan walikota, bupati maupun gubernur.

Sebagai pelaksana jabatan gubernur yang dipercaya mengontrol pelaksanaan Pilkada di Sultra, Teguh mengatakan dirinya diserahi amanah memastikan pesta demokrasi berjalan damai dan sukses.

Untuk itulah dimomen tahapan penyenggaraan  Pilkada ia melakukan roadshow melihat langsung kondisi kesiapan penyelenggaraan Pilkada baik di lingkup Pemda maupun KPU.

“Mari kita laksanakan pemilihan yang bermartabat  jangan terjebak politik uang, hindari ujaran kebencian, hoax,  jaga netralitas. PNS harus netral. Kadis, camat, kepala sekolah harus netral. Siapapun yang terpilih itulah pemimpin kita,” ujar Teguh dihadapan ratusan ASN Kota Baubau di Kantor Walikota Baubau.

Selain mewanti-wanti ASN dan seluruh pejabat menjaga netralitas selama perhelatan Pilkada, Teguh juga memastikan dirinya tidak melakukan manuver mendukung salah satu calon diajang Pilkada.

“Saya tidak ada kepentingan apapun di Pilkada serentak ini.  Tidak ada  kaitan dengan etnis tertentu suku tertentu atau salah satu calon. Saya jamin itu.  Saya diamanahi Mendagri menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan memastikan Pilkada berjalan sukses. Tidak ada konflik. Partisipasi masyarakat tinggi di Pilkada,” urai Teguh.

Usai tatap muka dengan ASN Baubau, Teguh menyempatkan diri menyambangi KPU Baubau.

Sementara itu, Hado Hasina mengapresiasi kunjungan PJ Gubernur Sultra. Baginya kehadiran Teguh membawa semangat dan energi bagi masyarakat Baubau termasuk KPU setempat selaku penyelenggara pesta demokrasi.

Baca Juga :  Jenderal Andap di Mata KPU Sultra

Ada banyak hal dilaporkan KPU Baubau dan Walikota Baubau terkait penyelenggaraan Pilkada. Diantaranya soal pemutakhiran data pemilih,  kendala e-KTP termasuk perekaman KTP elektronik.

Usai mengunjungi Kota Baubau dihari yang sam Teguh melanjutkan kunjungan kerja di Kabupaten Buton Selatan. Besok tour PJ Gubernur berlanjut ke Kabupaten Buton.

Sebelumnya, Jumat 28 Februari 2018, dalam agenda yang sama PJ Gubernur Sultra menyambangi Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Konawe. Disamping Kota Baubau, dua Kabupaten ini dilaporkan tengah menggelar pemilihan kepala daerah berbarengan Pilgub Sultra 2018. (adm)

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments