22 KK di Lapandewa Dapat Bantuan Bedah Rumah

Suasana sesaat sebelum Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani menyerahkan secara simbolis bantuan bedah rumah di aula Gedung Sipanjonga Desa Lapandewa Jaya, Kamis 5 November 2020. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Sedikitnya 22 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Lapandewa mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau lazim disebut bedah rumah. Bantuan secara simbolis diserahkan Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani di aula Gedung Sipanjonga Desa Lapandewa Jaya, Kamis 5 November 2020.

Bupati Busel, H. La Ode Arusani mengatakan, bantuan BSPS ini bersumber dari pemerintah pusat. Namun bantuan ini bisa hadir karena pemda Busel melakukan sharing dana untuk mengusulkan bantuan tersebut sehingga bisa terealisasi di Kabupaten Buton Selatan.

- Advertisement -

“Alhamdulillah, berkat doa dari semua masyarakat, bantuan dari pusat ini bisa digelontorkan di daerah kita,” katanya.

Orang nomor satu di Busel ini mengungkapkan, berdasarkan data, rumah tak layak huni di Busel mencapai 4.000 unit. Namun sejauh ini, yang sudah mendapatkan bantuan bedah rumah baru mencapai 2.000 unit.

“Semoga tahun 2022 mendatang semua sudah dapat dituntaskan. Bagi masyarakat yang belum mendapat bantuan agar segera mengusul ke pemerintah desa atau kelurahan setempat agar bisa terkaver pada tahun berikutnya,” katanya.

Ketua PDI-Perjuangan Busel ini juga mengatakan, saat ini Pemkab Busel juga telah menyiapkan bantuan baju adat yang akan diberikan kepada Parabela dan imam masjid di Lapandewa.

Selain itu, jalan Warope dalam waktu dekat bakal dikerjakan. Hal ini sesuai harapan dan permintaan masyarakat Lapandewa untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Busel, La Ganefo menambahkan, masing-masing penerima mendapat bantuan senilai Rp. 17,5 juta. Rinciannya Rp 15 juta untuk pembelian bahan dan Rp 2,5 juta untuk ongkos tukang.

La Ganefo pun mengajak seluruh penerima manfaat maupun stekholder terkait untuk mensukseskan serta mengawasi pelaksanaan bantuan agar sesuai proses dan peraturan yang berlaku.

Baca Juga :  Arusani Komitmen Bangkitkan Budaya Leluhur Busel

“Kepada kepala desa agar secepatnya membuat usulan tahun ini agar masyarakatnya bisa terdata tahun depan. Syaratnya tanah masyarakat harus legal dan merupakan rumah sendiri,” katanya.

Pemimpin Bidang Pemasaran BNI Cabang Baubau, Rahmad Dahlan menambahkan, saat ini buku tabungan BSPS baru diserahkan secara simbolis. Ke depan, prosedur pelaksanaan akan dilanjutkan oleh fasilitator atau petugas teknis di lapangan.

“Kami dari bank akan melakukan pembayaran ke suplayer penyedia barang. Kami berharap, kemitraan ini akan lebih ditingkatkan lagi,” katanya.

Camat Lapandewa, La Nilo mengapresiasi perjuangan Bupati Busel yang terus memperhatikan serta mensejahterahkan masyarakat Buton selatan.

“Kita harus berbangga, bahwa pemerintah kita telah memperhatikan kebutuhan masyarakat, mulai dari bantuan sandang, papan sampai pangan,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments