Jembatan Penghubung di Kabaena Tengah Nyaris Putus

Jembatan di Desa Lamonggi yang menghubungkan Kecamatan Kabaena Utara dan Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana. Nampak pondasi terkikis air dan kondisinya nyaris putus. (Foto Agus)

RUMBIA, Rubriksultra.com- Jembatan di Desa Lamonggi yang menghubungkan Kecamatan Kabaena Utara dan Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana, kondisinya nyaris putus. Pondasi dan tanggul penahan jembatan mulai terkikis air akibat intensitas hujan yang cukup tinggi.

Kepala Desa Lamonggi, Anwar menuturkan, jembatan itu merupakan satu-satunya akses beberapa kecamatan yang berada di pulau Kabaena. Jembatan mulai terkikis air beberapa waktu lalu.

- Advertisement -

“Kita lihat kondisinya sekarang, posisi jembatan sudah tidak normal mulai menggantung disisi barat,” kata Anwar di lokasi jembatan, Sabtu 5 Desember 2020

Warga mulai resah jika terjadi hujan deras dan debit air tinggi. Dikhawatirkan jembatan tersebut bisa putus total dan akan mengganggu aktifitas warga.

“Ini kita takutkan ketika hujan, debit air di dalam got penuh dan meluap,akhirnya tanggul dan pondasi penyangga jembatan terkikis,” bebernya.

Ia berharap pihak terkait dalam hal ini dinas PU agar tanggap melihat kondisi jembatan tersebut. Tak hanya itu saja, kata dia, di Kecamatan Kabaena Utara juga ada beberapa titik jembatan yang hampir roboh dan bahkan sudah roboh.

“Ada yang bahkan sudah roboh seperti di Desa Enano, ada juga di desa Lengora,” tutupnya. (adm)

Laporan: Agus.S

Facebook Comments
Baca Juga :  Man Arfa Resmi Dilantik Jadi Sekda Bombana