Suntik Vaksin di Baubau Mulai Awal Februari

Petugas Dinkes Baubau saat menunjukkan tempat penyimpanan vaksin di gudang farmasi. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Vaksin Covid-19 kini telah tiba di Kota Baubau pada Rabu, 27 Januari 2021 sekira pukul 20.00 WITa. Rencananya, suntik vaksin akan dilaksanakan pada awal Februari mendatang.

“Vaksin telah sampai dan saat ini disimpan di gudang farmasi Dinkes Baubau. Rencana akan didistribusikan ke fasilitas kesehatan pada H-1 pelaksanaan. Dimana pelaksanaan rencananya sekitar tanggal 3 atau 4 Februari,” ujar Humas Satgas Covid-19 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau, La Ode Kasim di kantornya, Kamis 28 Januari 2021.

- Advertisement -

Kata dia, jumlah vaksin yang ada di Baubau saat ini sebanyak 3.240 dosis. Selain vaksin, ada juga alat pendukung terdiri dari jarum suntik dan lainnya.

Dari 3.240 vaksin itu, diutamakan untuk vaksinasi tenaga kesehatan (Nakes) yang sasaranya hampir 1.600 orang.  Tiap nakes akan divaksinasi sebanyak dua kali sehingga membutuhkan total vaksin sebanyak 3.200 dosis.

Sementara  40 dosis sisanya untuk vaksinasi 20 orang pejabat daerah yang sudah mendaftar. Pun jika tersisa, maka akan disimpan untuk tahap berikutnya.

“Pencanangan tahap berikutnya, vaksin akan didatangkan lagi. Rencananya untuk vaksinasi ASN yang melakukan pelayanan publik,” imbuhnya.

Untuk mekanisme pelaksanaan vaksinasi dalam menentukan layak tidaknya seseorang untuk divaksin nanti, bakal melalui empat meja. Meja pertama registrasi, kedua pemeriksaan kesehatan, ketiga tempat melakukan tindakan vaksinasi dan keempat tempat dimana dilakukan edukasi.

“Nah, di meja dua itulah untuk memeriksa dan menentukan layak atau tidaknya seseorang divaksin sesuai kriteria yang ditentukan. Diantaranya hipertensi, penyakit jantung serta batasan umur yang sebelumnya telah ditentukan yakni umur 18-59 tahun,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Jalan By Pass Kembali Dilanjutkan, Disuntik APBN Rp 6 Miliar