Pemprov Sultra Bangun Monumen Sultan Himayatuddin di Kotamara

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi didampingi Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin bersama rombongan saat meninjau lokasi pembangunan monumen Pahlawan Nasional Sultan Himayatuddin di Kotamara, Sabtu 30 Januari 2021.

BAUBAU, Rubriksultra.com– Monumen Pahlawan Nasional asal Sulawesi Tenggara (Sultra), Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa Yi Koo akan dibangun. Rencananya, Pemerintah Provinsi Sultra akan membangun monumen itu di kawasan Kotamara, Kota Baubau.

Rencana pembangunan monumen penghormatan itu bahkan telah ditinjau langsung Gubernur Sultra, H. Ali Mazi didampingi Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin bersama rombongan, Sabtu 30 Januari 2021.

- Advertisement -

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi menjelaskan, setelah Presiden Joko Widodo menganugerahi Sultan Himayatuddin sebagai Pahlawan Nasional pada Jumat 8 November 2019 lalu, Pemerintah Provinsi Sultra bersama Pemkot Baubau bersepakat mengabadikan jasa kepahlawanan Sultan Himayatuddin.

H. Ali Mazi saat memberikan instruksi kepada jajarannya.

“Olehnya segala sesuatu mulai disiapkan. Kira-kira di areal Kotamara itu rencana pembangunannya,” kata Ali Mazi usai meninjau lokasi pembangunan.

Menurut Ali Mazi, terpenting patung monumental yang akan berdiri di teras Kota Baubau itu diutamakan nilai estetikanya. Sebab, bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam dan luar negeri yang bakal berkunjung ke Baubau nanti.

Kata dia, sejarah perjuangan La Karambau (nama lain Sultan Himayatuddin) saat bergerilya melawan dan menentang pemerintahan Hindia Belanda dalam Perang Buton sangat penting diketahui oleh wisatawan terpenting bagi para generasi muda Kepulauan Buton.

Suasana di Kotamara saat peninjauan lokasi pembangunan monumen.

“Sebagai generasi penerus, kita harus bangunkan monumennya. Dengan begitu, orang akan tahu bahwa begitu gigihnya Sultan Buton ke-20 itu bersama pasukan setianya berjuang melawan Belanda mesti hanya dengan menggunakan bambu runcing,” ujarnya.

Selain patung monumental yang akan dibangun, juga akan dibangun museum sebagai bangunan pendukung. Dimana isinya akan dilengkapi tentang sejarah Buton.

“Patung Oputa Yi Koo sudah disesain. Semua anggarannya sudah ada, tinggal dikerjakan,” pungkas Ali Mazi. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Dua Terdakwa Kasus Pembakaran Modis DPRD Baubau Dituntut Tujuh Bulan Penjara