ASDP Baubau Layani 11 Rute Penyeberangan

Supriadi.

BAUBAU, Rubriksultra.com- PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Baubau kini telah melayani 11 rute penyeberangan. Terdapat 10 kapal yang digunakan untuk operasional pengguna jasa.

Manager Operasi ASDP Cabang Baubau, Supriadi merinci ke-11 rute tersebut. Diantaranya, Baubau-Waara, Baubau-Tolandona, Baubau-Dongkala, Dongkala-Kasipute, Kasipute-Mawasangka, dan Baubau–Kadatua-Siompu.

- Advertisement -

Kemudian, rute Kendari- Langara, Labuan-Amolengo,Tampo-Torobulu, Raha-Pure dan Kamaru-Wanci.

Kata dia, rute yang baru saja dibuka adalah Baubau-Kadatua-Siompu. Rute ini terwujud atas permintaan Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani yang biayanya sebagian disubsidi Pemerintah Pusat melalui APBN.

“Bupati Buton Selatan mengajukan permintaan ke Gubernur Sultra lalu diusulkan ke Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub. Alhasil dapat subsidi untuk pembukaan lintasan ini, makanya tahun ini kita mulai jalankan dan telah beroperasi sejak 1 Januari 2021,” ujarnya.

Dengan adanya rute baru ini maka berpotensi meningkatnya penumpang. Sebab membuka daerah yang terisolir.

Kendati begitu, sebagian pembangunan dermaga ferry di Pulau Siompu, Kabupaten Buton Selatan belum sepenuhnya rampung. Saat ini masih dalam tahap penyelesaian.

“Sehingga untuk sementara kita masih menggunakan pelabuhan laut di pulau tersebut untuk menurunkan pengguna jasa,” tandas Supriadi. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Jelang Konferensi ke-VIII PWI Sultra, Sarjono Diminta Sekali Lagi