PDAM Baubau Belanja Lima Ton Tawas Seharga Rp 30 Juta

Jemmy Hersandy

BAUBAU, Rubriksultra.com- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Semerbak Kota Baubau tidak tanggung-tanggung menggelontorkan anggaran untuk menjernihkan suplai air bersih. Sebanyak lima ton tawas didatangkan dengan harga Rp 30 juta atau per tonnya seharga Rp 6 juta.

“Hal itu demi memaksimalkan lagi pelayanan kepada masyarakat,” kata Direktur PDAM Baubau, Jemmy Hersandy di kantornya, Selasa 16 Februari 2021.

- Advertisement -

Jemmy mengungkapkan, pengadaan tawas itu bertujuan untuk menjernihkan air. Hal ini rutin dilakukan, sebab ketika musim penghujan debit air di sungai sumber air PDAM Baubau meningkat sehingga mempengaruhi kualitas air.

“Bila masih kurang maka akan ditambah. Kita akan terus memantau agar kejernihan air layak untuk dikonsumsi masyarakat,” ungkapnya.

Kata dia, lima ton tawas itu kini telah berada di gudang PDAM Baubau. Sebagian sudah disebar ke Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Palatiga dan Baadia.

Menurutnya, IPA merupakan sarana yang penting dalam pengolahan air demi menghasilkan air bersih dan sehat untuk di konsumsi masyarakat Baubau.

“Karena di IPA itu diproses dulu penjernihan airnya sebelum tersalurkan ke masyarakat,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Sekda Sultra Tutup MTQ ke 30, Baubau Kokoh Peringkat Kelima