Pegawai KPPN Baubau Bebas Narkoba

Kepala BNN Baubau, Alamsyah bersama Kepala KPPN Baubau, Nazuar saat tes urin dadakan, Jumat 5 Maret 2021. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com– 20 pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau bebas narkoba. Hal itu berdasarkan hasil tes urin dadakan yang dilaksanakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Baubau, Jum’at 5 Maret 2021.

Kepala BNN Kota Baubau, Alamsyah menerangkan, memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba adalah perintah negara yang dituangkan dalam Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi P4GN.

- Advertisement -

“Kegiatan ini merupakan inplementasi dari inpres itu, dimana seluruh kementerian/lembaga diperintahkan untuk melaksanakan sosialisasi P4GN pada seluruh pegawai. Selain itu, paling sedikit satu atau dua kali melakukan pemeriksaan urin pegawai. Hal ini juga terkait dengan regulasi mengenai kode etik ketika ada yang terlibat mungkin ada sanksi dan sebagainya,” kata Alamsyah.

Dalam giat ini BNN Kota Baubau menurunkan 8 personel untuk memastikan kegiatan dapat berjalan dengan standar BNN.

“Proses pemeriksaan urin berjalan dengan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan dan standar pemeriksaan urin BNN. Hasilnya seluruh pegawai KPPN Baubau dinyatakan bersih dari penyalahgunaan narkoba,” katanya.

Alamsyah mengharapkan agar KPPN Baubau segera membentuk Satgas Anti Narkoba di lingkungan KPPN Baubau yang anggotanya dipilih dan ditunjuk lansung oleh Kepala KPPN. Hal itu penting untuk menekan penyalahgunaan narkoba di instansi tersebut.

Kepala KPPN Baubau, Nazuar mengapresiasi BNN Kota Baubau yang melakukan pemeriksaan urin mendadak kepada seluruh pegawai KPPN Baubau. Menurutnya,memastikan setiap ASN KPPN Baubau bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba adalah suatu kewajiban.

“Karena hal ini adalah salah satu juga kewajiban kita selaku ASN yang bersih dan menjaga integritas kita untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan obat obat terlarang apalagi narkoba,” katanya.

Hal ini juga sesuai dengan kode etik pegawai lingkup KPPN Baubau yang melarang keras pegawainya terlibat dalam penyalahgunaan apalagi peredaran gelap narkoba.

Baca Juga :  Baubau Raih Rekor MURI di FKMA ASEAN

“Saya harapkan dan mudah-mudahan ke depan hasil semuanya tidak ada yang positif dan saya yakin teman-teman semua tidak ada (yang menggunakan narkoba), karena kalau sampai kita kesana itu nanti akibatnya sangat luar biasa,” katanya. (adm)

Facebook Comments