Petani di Buton Dibina Tingkatkan Produksi Pertanian

Pose bersama usai penyuluhan pertanian dalam program non fisik TMMD ke-110 Kodim 1413 Buton di Kecamatan Lasalimu Selatan. (Foto Istimewa)

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 yang dilaksanakan Kodim 1413 Buton di tiga desa di Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton turut menghadirkan tim penyuluh pertanian. Penyuluhan dimaksudkan agar produksi pertanian warga dapat ditingkatkan.

Dandim 1413 Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan melalui Dan SSK Letda Inf Ridwan mengatakan, program penyuluhan pertanian masuk dalam kegiatan non fisik pada TMMD kali ini. Hal itu dianggap penting sebab masyarakat di Lasalimu Selatan sebagian besar berprofesi sebagai petani.

- Advertisement -

“Ini juga instruksi Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka agar dalam TMMD juga diundang pihak terkait untuk menjadi pemateri dalam penyuluhan yang dilakukan,” katanya.

Ia berharap penyuluhan pertanian dalam program TMMD dapat bermanfaat bagi masyarakat. Utamanya bisa meningkatkan produksi pertanian demi kesejahteraan warga setempat.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Ma’mul Djamal menambahkan, program penyuluhan TMMD ini berkaitan erat dengan dinas pertanian. Menurutnya, penyuluhan ini bisa meningkatkan produksi pertanian khususnya di Kecamatan Lasalimu Selatan sebagai wilayah kerja TMMD saat ini.

“Memang sangat penting karena Buton ini sebagian besar wilayah pertanian. Makanya petani kita ini wajib diberi pemahaman, edukasi dan pengetahuan terkait pertanian agar produksi pertanian bisa meningkat,” katanya.

Untuk meningkatkan produksi pertanian, petani mesti bekerjasama dengan pemerintah melalui kelompok tani. Ia juga mengimbau masyarakat agar memanfaatkan bantuan alat pertanian dari pemerintah daerah.

“Nah kepada petani yang belum berkelompok sebaiknya masuk dalam kelompok tani berbasis NIK. Sesuai petunjuk teknis, prioritas pembinaan akan diberikan kepada kelompok tani yang resmi tercatat di Pemerintah Pusat,” katanya.

Ia pun mempersilakan masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut agar menyampaikan keluhan ke TMMD untuk diantar ke Balai Penyuluhan Pertanian.

Baca Juga :  Bonus Atlet Porprov Diserahkan Malam Tahun Baru

Kepala Desa Mulia Jaya, La Ode Halim berterimakasih atas program-program TMMD di wilayahnya. Salah satunya program penyuluhan pertanian.

“Aktifitas masyarakat kami disini rebanyakan petani. Makanya materi yang diberikan dalam penyuluhan ini sangat bermanfaat sebagai tambahan pengetahuan bagi masyarakat,” katanya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments