HIPPTON Deklarasi Dukung Pemekaran Kepton

Dewan Pembina HIPPTON, Samsu Umar Abdul Samiun saat melantik pengurus HIPPTON di gedung Pancasila, Sabtu 13 Maret 2021. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Himpunan Pemuda dan Perempuan Kepulauan Buton (HIPPTON) mendeklarasikan diri mendukung pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (Kepton). Deklarasi itu disampaikan saat pengukuhan pengurus HIPPTON di gedung Pancasila, Sabtu 13 Maret 2021.

Bupati Buton, La Bakry mengaku bangga atas terbentuknya HIPPTON sebagai salah satu pilar pembangunan di daerah. Hadirnya organisasi ini menunjukkan semakin seriusnya seluruh unsur lapisan masyarakat dalam memekarkan Provinsi Kepton sambil menunggu regulasi dari pemerintah pusat.

- Advertisement -

“Kebetulan baru saya kepala daerah yang hadir (Dalam pengukuhan). Saya mewakili semua kepala daerah mengucapkan selamat atas terbentuknya HIPPTON. Semoga semangat menjadikan Provinsi Kepton selalu menjiwai masyarakat,” ujar La Bakry.

Dewan Pembina HIPPTON, Samsu Umar Abdul Samiun menaruh harapan besar agar HIPPTON terus menggelorakan pemekaran Provinsi Kepton.

Menurutnya, pemekaran Kepton bukan hanya semata-mata karena memiliki SDA yang melimpah saja. Namun, lebih kepada penghargaan dari Negara Indonesia terhadap eks Kesultanaan Buton.

“Penghargaan inilah yang dinantikan dari pemerintah pusat bagi eks Kesultanan Buton setelah bergabung dalam bingkai Negara Republik Indonesia,” katanya.

Ketua HIPPTON, Lia Umar Samiun mengatakan, organisasi ini tercetus berkat ide dan gagasan pemuda dan perempuan yang bersemangat ingin membangun Kepton melalui SDA dan budaya.

“Fokusnya dengan menumbuh kembangkan kreatifitas minat dan bakat serta meningkatkan ekonomi kreatif, baik pemuda maupun untuk perempuan,” katanya.

Kata dia, HIPPTON juga siap bersinergi dengan pemerintah kota/kabupaten dalam menyuarakan kesejahteraan masyarakat dan mengatasi masalah sosial.

“Kita nanti akan hadirkan program bermanfaat untuk masyarakat mengatasi masalah sosial. Kemudian kita juga siap hadir untuk masyarakat yang mengalami bencana,” papar Lia Umar Samiun.

Sekretaris Umum HIPPTON, La Ode Sabaruddin menjelaskan, pengurus HIPPTON yang dikukuhkan hari ini berjumlah sekitar 180 orang.

Baca Juga :  Pelni Baubau Bangun Rumah Kelola Sampah

“Kerja kami selanjutnya menyusun program kerja yang bakal dilakukan dalam waktu dekat. Kemudian rencananya kita akan membentuk kepengurusan HIPPTON di enam daerah prioritas (Daerah yang masuk dalam calon Provinsi Kepton) mulai dari desa/kelurahan sampai kecamatan sebagai ujung tombak,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments