Kapal Ferry Rute Kasipute-Pising Tiba di Bombana Pekan Ini

Ramsi Rafiu

RUMBIA, Rubriksultra.com– Kapal ferry Dharma Kencana I rute Kasipute-Pising direncanakan tiba di Kabupaten Bombana pekan ini. Berdasarkan jadwal, kapal ini akan menjalani rute perdana pada Senin, 5 April 2021.

Kepala Dinas Perhubungan Bombana, Ramsi Rafiu mengatakan, kapal ferry jenis Ro-Ro itu mulai bertolak dari Madura menuju Bombana, besok, Selasa 30 Maret 2021. Perkiraan waktu tempuh perjalanan hingga 60 jam.

- Advertisement -

“Setelah kami lakukan komunikasi, perkiraan kami, kapal akan tiba di pelabuhan ferry Kasipute paling lambat hari Sabtu, itupun kalau tidak ada hambatan,” kata Ramsi Rafiu, di ruang kerjanya, Senin 29 Maret 2021.

Rencananya, kata dia, sesuai instruksi Bupati Bombana, H. Tafdil, kapal tersebut bakal disambut jajaran pemerintah daerah, seluruh Forkopimda dan tokoh masyarakat.

Setibanya di pelabuhan, kapal tersebut belum akan melakukan pelayaran. Kru kapal masih akan melakukan pelayaran sendiri untuk pengecekan, memastikan dan mempelajari rute yang bakal dilalui nantinya.

Sebab, di jalur itu terdapat sebongkah karang yang hingga saat ini masih menjadi persoalan untuk dicarikan solusi terbaik. Dengan begitu, tidak ada lagi hambatan dalam pelayaran menuju Pising.

“Setelah pihak kapal mengecek, sesuai arahan pimpinan pak bupati, seluruh kepala OPD nanti kita agendakan Senin untuk pelayaran perdana. Tentu bakal ikut dalam agenda itu, pak bupati sendiri dan seluruh OPD,” tuturnya.

Pemerintah berharap dengan hadirnya ferry ini akan mempermudah akses masyarakat, termasuk distribusi pangan dan logistik di wilayah kepulauan khususnya Kabaena dan Kabupaten Bombana umumnya.

Ditambahkan, kapal ferry Dharma Kencana I ini merupakan kapal dengan kapasitas GT 1.100 yang mampu mengangkut hingga 20 unit kendaraan roda empat dan 220 penumpang. Kapal jenis Rock n Roll ini untuk sementara bakal mengisi jadwal rute Pising-Kasipute dan rute Tondasi-Kasipute sebanyak tiga kali pelayaran.

Baca Juga :  Ribuan Guru di Bombana Bakal Divaksin

“Untuk tarif belum bisa kami tentukan, mungkin masih mengikut tarif lama,” pungkasnya. (adm)

Peliput : Agus Saputra

Facebook Comments