Imigrasi Baubau: Laporkan Bila Ada Calo Paspor

Teguh Santoso

BAUBAU, Rubriksultra.com– Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Baubau meminta masyarakat agar melaporkan bila ada oknum calo pengurusan paspor. Ruang pengaduan dibuka sebagai wujud pencanangan zona integritas wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kepala Imigrasi Baubau, Teguh Santoso mengatakan, keterbukaan informasi dan kemudahan pelayanan kepada masyarakat menjadi hal utama. Berbagai pembenahan pun telah dilakukan sejak beberapa tahun belakangan.

- Advertisement -

“Sekarang sudah terbuka, masyarakat bisa mengontrol kami. Jadi kalau ada pegawai atau ada calo di tempat kami,laporkan. Kami sudah siapkan ruang pengaduan. Silahkan kritik kami kalau ada kesalahan melalui call center atau menghubungi akun media sosial Facebook dan Instagram Imigrasi Baubau,” kata Teguh Santoso, di ruang kerjanya, Rabu 21 April 2021.

Untuk memonitor pergerakan pegawai di dalam kantor, pihaknya telah memasang CCTV guna memastikan pelayanan kepada masyarakat selalu dikedepankan. Selain itu, Imigrasi Baubau berinovasi menyediakan berbagai pola pelayanan yang ramah.

Mulai dari pelayanan jemput bola atau mendatangi langsung ke rumah warga yang ingin membuat paspor dengan ketentuan minimal 10 orang. Selanjutnya eazy paspor atau layanan di luar kantor seperti di Lippo Plaza Buton dan Baubau Creatif Forum (BBCF), dan pelayanan sedekah artinya mendatangi langsung sekolah/komunitas/pemerintahan/BUMN atau perumahan masyarakat.

“Layanan ini khusus permohonan paspor baru dan penggantian. Kalau untuk paspor hilang atau rusak, tetap datang di kantor sebab membutuhkan waktu untuk BAP. Selain itu juga, Imigrasi Baubau telah menyediakan layanan ramah HAM khusus disabilitas, lansia dan ibu hamil,” katanya.

Mengingat wilayah kerja Imigrasi Baubau terdiri atas pulau-pulau, pihaknya telah meneken Memorandum of Understanding (MoU) bersama Kantor Pos Baubau dalam hal pengantaran paspor dan pembayaran paspor.

Baca Juga :  Alur PAD Lippo Plaza Buton Belum Jelas Usai Diserahkan

“Jadi masyarakat tinggal tunggu paspornya dirumah, langsung diantarkan sesuai alamat. Mengenai pembayaran kami tegaskan tidak ada pembayaran di kantor. Semua dilakukan di kantor Pos yang langsung masuk ke kas Negara sebagai PNBP,” pungkasnya.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Baubau, Lingga Permana menambahkan guna menuju WBK, aktifitas kegiatan atau yang akan dilakukan Imigrasi Baubau rutin disosialisasikan diakun media sosial Imigrasi Baubau.

“Guna masyarakat luas dapat mengetahui update informasi kegiatan yang Imigrasi lakukan,” tuturnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments