Gempa 2,7 SR Guncang Baubau

Titik lokasi gempa di wilayah Kota Baubau, Senin 3 Mei 2021. (Foto BMKG)

KENDARI, Rubriksultra.com– Wilayah Kota Baubau diguncang gempa bumi tektonik pukul 09:29:05 WITa, Senin 03 Mei 2021. Hasil analisa BMKG menunjukkan, informasi gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 2,7 Skala Richter (SR).

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin dalam rilisnya menyatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.44 LS, 122.62 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 2,6 kilometer timur laut Wolio, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 8 kilometer.

- Advertisement -

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Buton Segmen B di Kota Baubau,” katanya.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kota Bau-Bau dengan Skala Intensitas II – III MMI.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” katanya.

Dikatakan, hingga pukul 10:47:00 WITa, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” katanya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  BP Jamsostek dan Pemkab Wakatobi Sinergi Tekan Angka Kemiskinan