Ratusan Warga Baubau Ikut Vaksinasi Massal

Vaksinasi massal di depan toko Sinar Bangunan, Kelurahan Bukit Wolio Indah (BWI), Selasa 1 Juni 2021. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Sekitar 200 warga Baubau mengikuti vaksinasi massal di depan toko Sinar Bangunan, Kelurahan Bukit Wolio Indah (BWI), Selasa 1 Juni 2021.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Baubau, Marfia Tahara mengatakan, pelaksanaan vaksinasi tersebut adalah inisiatif dari warga. Mereka berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan Baubau mengenai waktu dan tempat pelaksanaan serta jumlah yang mau divaksin.

- Advertisement -

“Pelaksanaan ini adalah kali ketiga. Vaksin yang diberikan ada yang sudah tahap dua dan sebagian lagi baru tahap pertama. Sasaran hari ini kurang lebih 200 warga,” kata Marfia Tahara di lokasi.

Kata dia, Dinas Kesehatan Baubau menyiapkan vaksin sebanyak 20 vial vaksin Sinovac. Petugas yang dikerahkan dari tiga puskesmas, masing-masing Puskesmas Liwuto, Puskesmas Lowu-lowu dan Puskesmas Bungi.

“Alhamdulillah walaupun libur mereka siap, karena ini untuk kebaikan masyarakat jadi kami tetap melaksanakan tugas melayani masyarakat,” ujarnya.

Marfiah mengatakan, warga yang menjalani vaksinasi terdiri dari pelayan publik mulai dari pemilik toko, penjaga toko, dan karyawan toko. Ada pula masyarakat sekitar di lokasi vaksinasi.

“Awalnya masyarakat yang mendaftarkan diri adalah pelayanan publik, tapi karena masyarakat mengerti dengan manfaat vaksin maka mereka datang dengan keluarganya,” tuturnya.

Marfiah berharap seluruh masyarakat agar berani melakukan vaksinasi. “Jangan ragu dan jangan percaya hoax,” pintanya.

Valeria, salah seorang warga negara Chili, Amerika Selatan, turut mengikuti vaksinasi ini. Dia merasa biasa saja usai menerima vaksin Sinovac pertama dan kedua.

Valeria juga mengajak masyarakat Baubau agar tidak perlu takut untuk melakukan vaksinasi. Menurutnya fungsi vaksin sangat penting untuk menangkal virus.

“Saya pikir vaksin ini sangat penting. Semua orang butuh vaksin agar menangkal virus Covid-19. Jadi masyarakat jangan takut divaksin karena tidak ada masalah,” ucapnya. (adm)

Baca Juga :  Mulai Hari Ini, Siswa di Baubau Belajar di Rumah

Laporan : Ady

Facebook Comments