Buteng Kembali Masuk Nominasi API Award 2021

Kepala Dispar Buteng, Wujuddin.

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Potensi pariwisata di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) kembali memperoleh tempat di kancah nasional. Setelah Pasir Timbul Bone Labunta mendapatkan juara ketiga, kali ini Buteng berhasil memperoleh dua nominasi sekaligus dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Buteng, Wujuddin mengatakan, terdapat beberapa kategori yang diikutkan dalam ajang API Award 2021 ini. Hasilnya, dua diantaranya terpilih masuk sebagai nominasi.

- Advertisement -

“Dua nominator dari Buton Tengah yaitu Kadampi untuk kategori makanan tradisional dan Maobu Cliff Jumping untuk kategori wisata air,” kata Wujuddin, dihubungi via telepon selulernya, Rabu 16 Juni 2021.

Kata dia, Kadampi adalah sejenis kudapan masyarakat Buteng yang terbuat dari parutan singkong yang dikukus serta diberi gula merah. Sementara Maobu Cliff Jumping (MCJ) adalah atraksi yang dapat dilakukan oleh pengunjung gua Maobu yang ada di Desa Lalibo, Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng).

“Wisatawan dapat meloncat dari atas tebing gua Maobu. Sensasi inilah yang menjadi kekhasan ketika orang berkunjung ke wisata gua Maobu,” katanya.

Wujuddin tak menampik bila hal ini merupakan tantangan bagi Dinas Pariwisata Buteng untuk memperjuangkan keduanya. Sebab Buteng sebelumnya telah meraih prestasi sebagaimana Bone Labunta dinobatkan sebagai Juara 3 pada API Awards 2020lalu.

“Kita berupaya salah satu atau keduanya bisa meraih prestasi yang lebih baik dibanding tahun lalu,” katanya.

Sama seperti API Awards 2020 lalu, kata dia, tahun ini cara votingnya tetap menggunakan tiga cara yaitu melalui Instagram, Youtube dan SMS.

Masyarakat dapat memberikan vote dengan cara like gambar Kadampi dan Maobu Cliff Jumping (MCJ) di Instagram.

Sedangkan di Youtube, voter dapat menonton video Kadampi dan MCJ sampai selesai dengan durasi 1 menit, like, subscribe dan coment.

Baca Juga :  Pekan Depan, 492 CASN Buteng Terima SK 100 Persen

Cara ketiga yaitu SMS premium ke 99386 dengan format API 1C untuk Kadampi dan API 8E untuk MCJ. Masa voting mulai 1 Juli 2021 sampai dengan 31 Oktober 2021. (adm)

Laporan : Sukri

Facebook Comments