Rute Baru Ferry Torobulu-Tondasi Segera Beroperasi

Pemkab Muna Barat saat bertandang ke kantor ASDP Baubau membahas rute baru Torobulu-Tondasi beberapa waktu lalu. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry cabang Baubau bersama Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) sepakat membuka rute Torobulu-Tondasi. Rute ini akan segera beroperasi dan tinggal menunggu restu Bupati Mubar.

Manager Operasional PT ASDP Cabang Baubau, Supriadi mengataka, rencana pengoperasian armada ferry lintasan Torobulu-Tondasi sudah masuk tahap pengajuan dokumen penawaran kepada Pemkab Muna Barat.

- Advertisement -

Didalamnya tertuang besaran biaya subsidi untuk operasional armada ferry di lintasan tersebut. Rute ini akan disiapkan satu armada ferry.

“Untuk lintasan Torobulu-Tondasi nanti tripnya satu kali sehari pulang-pergi. Skema subsidinya begitu yang kami tawarkan waktu pertemuan dengan Dinas Perhubungan Muna Barat tempo hari,” kata Supriadi, Kamis 1 Juli 2021.

Supriadi mengatakan, pengajuan penawaran itu tinggal menunggu persetujuan bupati. Namun ia menilai, Pemkab Muna Barat serius untuk pengoperasian armada ferry lintasan Torobulu-Tondasi tersebut.

Rute baru ini diharapkan mampu mengurangi kepadatan di lintasan Torobulu-Tampo (Kabupaten Muna). Saat ini jalur itu dilayani tiga armada Ferry.

“Jadi pemakai jasa yang sebelumnya mau ke Muna Barat harus melalui Torobulu-Tampo, nanti bisa langsung dari Torobulu-Tondasi,” katanya.

Kata dia, dari tiga armada ferry yang melayani lintasan Torobulu-Tampo akan dialihkan satu armada untuk melayani lintasan Torobulu-Tondasi.

“Waktu tempuh ferry untuk lintasan Torobulu-Tondasi antara 2-3 jam, sedangkan Torobolu-Tampo 2,5 jam,” pungkasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  40 Hektar Kawasan Kumuh di Baubau Berhasil Teratasi