Jelang Hari Pramuka, Ka Kwarcab Baubau Ziarahi 12 Makam Tokoh Pramuka

Dr Roni Muhtar saat ziarah bersama jajarannya di 12 makam tokoh pramuka yang tersebar di sejumlah titik pemakaman di Baubau, Kamis 12 Agustus 2021. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Baubau, Dr Roni Muhtar, yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Pramuka Kota Baubau meminta seluruh kader agar menjadikan pendahulu tokoh pramuka sebagai teladan hidup. Hal itu diungkapkannya saat ziarah bersama jajarannya di 12 makam tokoh pramuka yang tersebar di sejumlah titik pemakaman di Baubau, Kamis 12 Agustus 2021.

Kata dia, Agustus ini adalah momentum sakral bagi perjalanan panjang sejarah perjuangan bangsa, karena pada bulan ini diperingati hari kemerdekaan. Seiring dengan itu, pada bulan Agustus ini juga ada hari yang sakral bagi gerakan pramuka Indonesia.

- Advertisement -

“Dalam rangkaian Hari Pramuka Indonesia ke-60 ini, maka kita dari Kwarcab Kota Baubau melaksanakan banyak kegiatan, dan salah satunya adalah dengan menziarahi 12 tokoh pramuka kita. Kita mengirimkan doa bagi arwah para tokoh ini agar ditempatkan di sisi Allah Subhanahu Wataala, ditempatkan di Surganya,” kata Dr Roni Muhtar melalui rilis Diskominfo Baubau.

Dikatakan, mengenang hal-hal baik dan indah dari sepak terjang para tokoh pramuka dalam rangka membesarkan nama pramuka adalah suatu keharusan bagi kader. Untuk itu dengan ziarah ke 12 makam tokoh pramuka tersebut, spirit dalam berpramuka akan terus bangkit.

“Sebagai generasi muda, tentu kita berharap agar contoh-contoh yang baik dari para tokoh ini selama masih hidup dapat menjadi teladan bagi kita. Sehingga apa yang telah dilakukan oleh mereka pada masa hidupnya dengan segala tantangan dan permasalahan, kita bawah pada masa kini dan kita selaraskan dengan kondisi-kondisi saat ini,” tuturnya.

Dr. Roni Muhtar menilai hal tersebut sangat penting bagi seluruh kader pramuka, sebab para tokoh pramuka tersebut cukup sukses dan besar pada zamannya. Menurutnya, dengan spirit dari para tokoh tersebut dapat menjadi motor penggerak dalam meraih kesuksesan bagi generasi masa kini.

Baca Juga :  Gelar Senam Sacita, PDIP Baubau Target Pecahkan Rekor Muri

“Kita juga memahami pertautan antara generasi itu sangat penting, karena dengan adanya pertautan antara generasi maka ada kesinambungan pembinaan,” ungkapnya.

Kader juga harus mengetahui sejarah perjalanan kepramukaan di Kota Baubau. Dengan begitu komitmen, integritas serta tekad akan muncul dihati para kader pramuka sehingga harus ikut berperan aktif bagi kepentingan masyarakat Kota Baubau.

“Dengan itu, harapan kita semua, harapan para tokoh-tokoh yang telah mendahului kita untuk menjadikan Pramuka ini sebagai wadah dalam menghimpun diri dan mempelajari banyak hal demi kebaikan hidup serta masa depan betul-betul kita dapat kita wujudkan,” pungkasnya. (adm)

Facebook Comments