Baubau Menuju Smart City

La Ode Aswad

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau mengadakan bimbingan teknik tahap I penyusunan master plan menuju smart city. Tim pemateri langsung dari Kementerian Kominfo RI, di kantor Wali Kota Baubau, Rabu 1 September 2021.

Ketua Tim Pelaksana Smart City Kota Baubau, La Ode Aswad mengatakan bimtek ini merupakan persiapan Pemkot Baubau sebagai kota cerdas atau smart city. Materi yang diberikan tim dari pusat akan dijadikan panduan utama.

- Advertisement -

Kepala Bappeda Baubau ini mengaku telah membentuk tim pelaksana gerakan menuju kota cerdas. Hal itu berdasarkan SK Wali Kota Baubau Nomor 287/III/2021 tanggal 8 Maret 2021.

Keanggotaannya terdiri dari Bappeda Kota Baubau, Dinas Kominfo Kota Baubau, dan segenap Kepala Sub bagian Perencanaan masing-masing OPD Lingkup Pemerintah Kota Baubau.

Tim pelaksana ini memiliki tugas menyusun master plan smart city, menyusun program percepatan dan selanjutnya melaporkan dan mempertanggungjawabkan hasil pelaksanaan kegiatan kepada kepala daerah.

Selain pembentukan timpPelaksana, juga telah dibentuk Dewan Kota Cerdas Smart City berdasarkan SK Wali Kota Baubau Nomor 288/III/2021 Tanggal 8 Maret 2021. Dewan ini diketuai langsung Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin.

Keanggotaan dewan terdiri dari semua pimpinan OPD seKota Baubau, segenap Rektor Perguruan Tinggi, Kantor Telkom, Pimpinan Bank Sultra, KNPI Kota Baubau, Ketua Karang Taruna Kota Baubau dan segenap Relawan IT yang ada di Kota Baubau.

“Tugas penting Dewan Kota ini sebagai perumusan kebijakan dan strategi umum, memberi pertimbangan teknis dan tindakan pengawasan pelaksanaan Smart City Kota Baubau,” imbuhnya.

Kedua kelembagaan ini akan melakukan sinergitas dalam rangka percepatan mewujudkan Baubau sebagai Kota Cerdas, sebagaimana telah menjadi bagian dari Tema Umum Pembangunan Kota Baubau Tahun 2018–2023.

“Diharapkan kegiatan ini memberi mafaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Kota Baubau,” harap Aswad. (adm)

Baca Juga :  Perbasi Baubau Terus Dorong Pengembangan Basket Daerah

Laporan : Ady

Facebook Comments