UHO Komitmen Bentuk Mahasiswa Unggul

Seminar nasional pengembangan karir yang akan dilaksanakan 30 September mendatang. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) Universitas Halu Oleo (UHO) berkomitmen membentuk mahasiswa agar memiliki kepribadian peka dan keunggulan kompetitif. Untuk itu, UHO terus membekali mahasiswa dengan segala bentuk pelatihan.

Rencananya UPT PK2M UHO akan kembali menggelar Seminar Nasional Pusat Karir, di Hotel Claro Kendari pada 30 September mendatang.

- Advertisement -

Seminar nasional tersebut mengsusung tema “Peluang Memasuki Dunia Kerja di Era Globalisasi”. Sejumlah tokoh akan dihadirkan diantaranya Prof. Dr. Muhammad Zamrun F., S. Si., M. Si., M. Sc. selaku Rektor Universitas Halu Oleo, Dr. Ir. H. Amran Sulaiman, MP selaku Menteri Pertanian RI Periode 2014-2019 dan juga menjabat sebagai Founder Tiran Group.

Kemudian La Ode Ilyas, SP., M. Si. selaku Talent and Development Manager PT. Berau Coral/Sinar Mas Group, Fachzi Ismail, ST selaku Manager Operasional BRI Kendari Samratulangi, dan Dr. La Ode Haji Polondu, S. Pd., M. Pd, selaku Kepala Balai Latihan Kerja Kendari.

Kepala UPT PK2M UHO, Dr. Sarinah mengatakan, era global saat ini sungguh syarat dengan berbagai persaingan yang begitu ketat dari berbagai bidang didalamnya.  Era Glogal abad 21 memiliki banyak tantangan yang harus siap dan sigap dilakukan oleh segenap umat manusia untuk bisa berbenah diri dalam peningkatan Sumber Daya Manusia(SDM) didalamnya, termasuk pula ada upaya meningkatan kualitas dan kuantitas ekonomi.

“Kami memiliki komitmen untuk membentuk mahasiswa memiliki pribadi peka dan keunggulan kompetitif. UHO memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas melalui program pendidikan dan proses pembelajaran yang tidak saja bersifat konseptual teoritis, namun juga secara praktik aplikasi,” katanya.

Baca Juga :  UHO Dukung Program MBKM

Kata dia, UHO menyadari bila membentuk alumni lulusan yang siap kerja dan memiliki skill, knowledge, dan attitude yang dibutuhkan oleh dunia kerja (perusahaan) memerlukan upaya lebih. Salah satu cara UHO mempersiapkan calon lulusan sebelum memasuki dunia kerja adalah dengan memberikan pembekalan tentang kehidupan di dunia professional.

“Seminar Pusat Karir ini sangat bermanfaat untuk memberikan kesiapan bagi mahasiswa setelah lulus dari Universitas Halu Oleo,” katanya.

Ketua Panitia, Dr. Yusna menambahkan, sebagian besar alumni perguruan tinggi mempunyai pola pikir (mindset) sebagai pencari kerja (job seeker).  Kondisi ini disebabkan oleh sistem pembelajaran yang diterapkan di berbagai perguruan tinggi saat ini lebih terfokus pada penyiapan mahasiswa yang cepat lulus dan mendapatkan pekerjaan.

Untuk membantu aktivitas para lulusan perguruan tinggi sebagai pencari kerja, maka diperlukan suatu usaha nyata.  Dunia pendidikan tinggi telah mengembangkan berbagai kebijakan dan program mendukung terciptanya lulusan yang lebih siap bekerja dan menciptakan pekerjaan.

Dikatakan, secara teknis kegiatan ini menyasar mahasiswa tingkat akhir dalam lingkungan UHO. Kegiatan ini juga akan dilaksanakan secara offline dan online.

“Khusus peserta offline, kami memberi persyaratan khusus, yaknit telag mengantongi sertifikat vaksinasi Covid-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Universitas Halu Oleo melalui UPT PK2M mengadakan Seminar Nasional Pusat Karir UHO untuk memberikan informasi peluang kerja serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tingkat akhir calon alumni lulusan sebagai persiapan memasuki dunia kerja dalam era globalisasi. (adm)

Facebook Comments