Monianse Lantik Pengurus BP4 Kemenag Baubau

Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, saat melantik pengurus BP4 Kemenag Baubau, Minggu 16 Januari 2022. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pengurus Badan Penasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kota Baubau masa bakti 2022- 2027 resmi dilantik. Pelantikan dipimpin Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, di aula Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu Kemenag Baubau, Minggu 16 Januari 2022.

La Ode Ahmad Monianse mengatakan, BP4 merupakan salah satu pilar untuk menopang visi besar di dalam mewujudkan Kota Baubau yang maju, berdaya saing dan berbudaya. BP4 juga merupakan sebuah perwujudan kerja keras untuk menjadikan Kota Baubau sebagai pusat layanan birokrasi cepat, tepat, objektif serta efisien dan menjadi lambang keagungan Kemenag dan kerja sama dengan dinas terkait di Kota Baubau.

- Advertisement -

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengapresiasi kinerja dan perubahan pembangunan di Kantor Kemenag Kota Baubau. Menurutnya, pembangunan tersebut merupakan hasil kerja keras kepemimpinan, H. Rahman Ngkaali, untuk menjadikan layanan cepat, tepat dan efisien serta nyaman bagi masyarakat.

Selain itu, ia juga menyinggung penyerahan aset dari Pemkot Baubau ke Kemenag berupa 3 lokasi tanah untuk pembangunan kantor KUA Kecamatan Murhum, Lea- Lea dan Bungi. Diharapkan lokasi ini segera dibangun oleh Kementerian Agama.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin menambahkan, keluarga adalah penopang daerah, bangsa dan negara. Olehnya BP4 hadir sebagai upaya mendukung keluarga yang utuh, keluarga yang harmonis, keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah.

“BP4 harus memainkan peran membangun keluarga agar keluarga harmonis. Dibangun di atas pondasi agama dan nilai- nilai luhur budaya daerah kita,” katanya.

Kemenag, kata dia, harus berpikir jauh ke depan dalam membangun peradaban dan membangun gedung-gedung layanan dengan kualitas yang bagus. Termasuk PLHUT yang dibangun dari dana SBSN dengan cepat dan tepat, efektif dan efisien.

Baca Juga :  Hasil Audit BPKP Terbaru Keluar, PDAM Baubau Akhirnya Dinyatakan Sehat

Kepala Kemenag Baubau, H.Rahman Ngkaali mengatakan, pengukuhan BP4 ini adalah upaya bersama dalam melakukan pembinaan dan pelestarian melalui penasehatan perkawinan.

“Kita harus kembangkan moto Kemenag bersahabat dengan instrumen 3B; Bersama kita bisa, bersatu kita kuat dan bersaudara kita rukun,” katanya.

Ketua BP4 Sultra, KH. Ryha Madi mengucapkan terimakasih atas pelantikan BP4 Kemenag Baubau. Diharapkan terjalin kinerja dan sinergi yang baik antara kabupaten/kota dan provinsi

“Nantinya ada mediator, ada pelatihan pengurus BP4, pelatihannya dari Mahkamah Agung,” katanya.

Sementara itu, terkait rencana aksi, Ketua  BP4 Kota Baubau, Muhamad Ahdiyat Zamani menambahkan, terkait rencana aksi ke depan, pertama akan disasar anak usia pra nikah siswa dan Mmhasiswa, para calon pengantin dan masyarakat secara umum yang membutuhkan advokasi dan konseling.

“Pendekatan kita bisa per wilayah atau perguruan tinggi dan sebagainya,” katanya.

Pihaknya juga berterimakasih pada semua pihak khususnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau yang telah susah payah menyiapkan, memfasilitasi pertemuan BP4 Baubau pada hari ini. (adm)

Facebook Comments