BKPSDM Buteng Gagas Penilaian Kinerja Pegawai Berbasis Elektronik

Suasana Bimtek penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Senin 17 Januari 2022. (Foto Istimewa)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mulai menggagas penilaian kinerja pegawai berbasis elektronik (e-Kinerja). Badan Kepegawaian Negara (BKN) diundang langsung untuk memberikan bimbingan teknis (Bimtek) Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) itu, Senin 17 Januari 2022.

Kepala Kantor Regional IV BKN (Kanreg IV BKN), Agus Sutiadi mengatakan, bimtek yang dilaksanakan BKPSDM Buteng itu sangat penting. Hal itu untuk penilaian kinerja bagi para ASN.

- Advertisement -

Agus Sutiadi mengatakan, aplikasi penilaian kinerja yang digagas saat ini sementara dalam fase base evaluation system, dimana beberapa data sementara dalam perpindahan.

Setelah itu sistem penilaian kinerja berbasis elektronik tersebut baru akan diterapkan ke tenaga fungsional Pemkab Buteng, yang kemudian akan dievaluasi kembali untuk diterapkan ke masyarakat.

“Jadi penilaian kinerja itu sama halnya dengan penilaian ojek online dimana setelah memberikan pelayanan kepada masyarakat disitu kemudian akan keluar nilai poinnya yang diberikan oleh atasan,” ucapnya.

Kepala BKPSDM Buteng, Samrin mengaku pihaknya perlu menyosialisasikan perubahan peraturan penilaian ASN melalui bimtek tersebut. Sistem penilaian kinerja itu sasarannya untuk para kepala OPD, Kepala Bagian, Kepala bidang, Camat, Kasubag kepegawaian dan pejabat fungsional l Pemkab Buteng.

“Bentuk penilaiannya yakni setiap pegawai membentuk perencanaan kerja satu tahun yang kemudian direalisasikan, lalu akan dinilai oleh atasannya di OPD tersebut,” ujarnya.

Samrin mengatakan, penilaian kinerja juga merupakan syarat untuk kenaikan pangkat, dimana kenaikan pangkat periode April 2022 sudah mengunakan format baru. Sehingga BKPSDM perlu menyosialisasikannya agar ke depan dalam proses kenaikan pangkat tidak terjadi kendala.

“Aplikasi penilaian kinerja berbasis elektronik itu masih terus dikembangkan BKN sebelum kemudian direalisasikan. Nah, saat ini kita masih perencanaan dan realisasi secara manual, nanti kedepannya kita akan kembangkan secara elektronik,” tutupnya. (adm)

Baca Juga :  Pemkab Buteng Siapkan Beasiswa untuk Mahasiswa Rp 750 Juta

Laporan : Ady

Facebook Comments