PWI Kabupaten Kota Wajib Bentuk IKWI di Daerah

Mukernas IKWI di Same Hotel Kendari, Selasa 8 Februari 2022. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Ketua Bidang Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Arif Zulkifli, menegaskan agar setiap kabupaten/kota yang sudah mempunyai perwakilan PWI wajib membentuk Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) di daerahnya masing-masing.

“Saya berjanji saat balik ke Jakarta akan menyampaikan hal ini kepada Ketua PWI Pusat,”ujar Arif Zulkifli, yang mewakili Ketua Umum PWI Pusat, saat Mukernas IKWI di Same Hotel Kendari, Selasa 8 Februari 2022.

- Advertisement -

Dia pun menyayangkan Mukernas IKWI saat HPN 2022 di Kendari hanya dihadiri 19 perwakilan Provinsi di Indonesia, padahal sedianya harus diikuti seluruh pengurus di Indonesia.

Kata dia, di organisasi IKWI ini ada dua ajang pertemuan yang mempererat hubungan silaturahmi secara nasional, yaitu pada saat musyawarah nasional dan musyawarah kerja nasional.

“Pada kedua ajang ini kita bertemu dan kangen-kangenan satu sama lain dengan teman sahabat dan handai taulan seluruh Indonesia, bisa saling menyayangi dan bertukar pengalaman dalam mengelola organisasi,” katanya.

Mukernas untuk mengevaluasi program kerja dan membuat program kerja baru untuk tahun-tahun mendatang pada tahun 2022 ini, dengan tema mendorong semangat berorgansasi yang berkualitas diharapkan diantara pengurus memperlihatkan sikap saling kerjasama yang baik.

“Banyak pengurus tapi tidak memperlihatkan kinerja yang baik, terkadang ada diantara anggota pengurus sadar atau tidak membuat kelompok-kelompok kecil yang biasanya justru hal ini yang dapat menghambat program kerja dan merusak hubungan silaturahmi sesama anggota,”katanya.

Jikalau semua pengurus Indonesia dapat membantu dan mendukung penuh kepengurusan ini di daerahnya masing-masing, kompak dalam kinerja, saling berbagi informasi positif untuk kemajuan dan kemapanan organisasi.

“Organisasi beda dengan perusahaan, IKWI tidak boleh memutuskan sesuatu dengan sepihak atau asas sendiri harus diputuskan dalam rapat pengurus,”tegasnya.

Baca Juga :  Pemprov Sultra Hadiri Rakor Inflasi dengan Mendagri

Dia juga menegaskan, harus diingat organisasi yang merupakan satu kesatuan berjalan beriringan, kalau di organisasi PWI untuk menghimpun kalangan wartawan sedangkan IKWI adalah organisasi keluarga wartawan.

Ketua IKWI Indah Kirana mengatakan, mukernas mempunyai arti penting untuk konsolidasi pengurus dan alhamdulillah penyelenggaaraan organisasi IKWI berjalan dengan baik.

Sesuai tema Mendorong semangat beroganisasi yang berkualitas, maka diharapkannya organisasi IKWI di daerah aktif dengan dukungnya pwi provinsi.

“Kami berharap dengan adanya mukernas ini maka IKWI provinsi  akan menjalanakan organisasinya,daru mukernas ini kita akan mencontoh IKWI di provinsi lain,” harapnya.

Dia juga menambahkan sejak mendapat amanah pada akhir tahun 2019, IKWI Pusat terus melakukan pembenahan kinerja dan tata kelola organisasi di Indonesia. Oleh karena itu, pada berbagai kesempatan terus disampaikan prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik dengan harapan dapat menjadi landasan perbaikan secara berkesinambungan.

“Tidak kalah pentingnya pada hari ini kita juga akan dapat mempererat tali silaturahmi antara pengurus pusat dengan pengurus provinsi dan kabupaten/kota. Insya Allah kita akan menetapkan nama-nama anggota tim sembilan penyempurnaan PD PRT yang selalu dilakukan untuk menyongsong kepengurusan baru periode mendatang,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments