Gubernur Ali Mazi Menyambut Para Duta Besar dan Kepala Daerah di HPN 2022

Gubernur Sultra, H.Ali Mazi, saat menyambut para duta besar dan kepala daerah dalam acara Welcome Party, Kota Kendari, 7 Februari 2022. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi, menerima dan menyambut para Duta Besar dan Kepala Daerah yang berkunjung ke Sulawesi Tenggara pada acara Hari Pers Nasional (HPN) 2022. Penyambutan dikemas dalam acara Welcome Party, Kota Kendari, 7 Februari 2022.

Para Duta Besar/Diplomat Negara Sahabat yang hadir, antara lain Duta Besar Rusia Mrs. Lyudmila Georgievna Vorobieva, mewakili Dubes/Diplomat Bid.Poltek Polandia Mr. Michal Weglars, Konsul Kehormatan Seychelles Mr. Nico Barito, Kepala Kamar Dagang Taiwan Mr. Chen Sheng Peng, Wakil Dubes Malaysia Mr. Adlan Mohd. Shaffieq, Wakil Dubes Inggris Mr. John Nickell Morris, dan Duta Besar Pakistan Mr. Mohammad Hassan.

- Advertisement -

Kemudian mewakili Dubes/Deputi Ekonomi Maroko Mr. Omar El Asli, Duta Besar Iran Mr. Mohammad Khosh Heikal Azad, Duta Besar Europan Union Mr. Vincent Piket, mewakili Dubes Singapura Mr. Linus Wong, Duta Besar Ceko Mr. Jaroslav Dolecek, Duta Besar Azerbaijan Mr. Jalal Mirzayev, Duta Besar Kazakhstan Mr. Daniyar Sarekenov, Duta Besar Rumania Mr. Dan Adrian Balanescu, dan Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Mr. Tan Sri Annuar Haji Musa, serta India, Bangladesh, Ukraine, Denmark, Armenia, Afrika Selatan, dan Austria.

Hadir pula Ketua Dewan Pers Nasional, Prof Mohammad Nuh, dan para pemimpin wilayah antara lain Gubernur Kalimantan Utara Zainal A. Paliwang, Gubernur Bengkulu Dr H. Rohidin Mersyah, Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah.

Juga hadir Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulawesi Tenggara, antara lain Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara Irjen.Pol Teguh Pristiwanto,, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara Sarjono Turin, Komandan Korem 143/Halu Oleo Brigjen TNI. Yufti Senjaya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara Silvester Sili Laba, SH., Kepala BIN Daerah Sulawesi Tenggara Brigjen TNI Raden Toto Oktavians, Kepala Badan Narkotika Nasional Sulawesi Tenggara Brigjen Pol. Sabaruddin Ginting, Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara Dr. HAS. Pudjoharsoyo.

Komandan Pangkalan TNI AL Kendari Letkol Laut (P) Iwan Iskandar dan Komandan Pangkalan TNI AU HLO Kolonel (Pnb.) Andy F. Piccaulima, dan para Pimpinan Instansi Vertikal dari Sipil, TNI dan Polri lainnya lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca Juga :  Ali Mazi : Bangga Menjadi Warga Sultra

Ketua bersama segenap Pengurus PWI Pusat, dan para Ketua dan segenap Pengurus PWI Provinsi se-Indonesia yang sempat hadir. Juga hadir Bupati Indramayu Provinsi Jawa Barat, Hj Nina Agustina, dan Bupati/Wali Kota se-Sulawesi Tenggara, serta Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran.

Mengawali sambutannya, Gubernur Sultra meminta perkenaan para tamu yang hadir, atas nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Sulawesi Tenggara, menyampaikan selamat datang di Bumi Anoa, kepada para Duta Besar/Diplomat Negara Sahabat, rekan-rekan gubernur, bupati/walikota dan seluruh tamu undangan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 yang berasal dari luar Sultra.

Sembari menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kunjungannya di Sulawesi Tenggara, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda. Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara berharap melalui momentum ini, dapat membangun dan membina hubungan yang lebih erat, untuk kamajuan bersama di masa kini dan masa yang akan datang.

“Bagi kami, kepercayaan menjadi tuan rumah penyelenggara peringatan HPN ini, terlebih dengan hadirnya tamu undangan dari Nusantara dan Mancanegara, merupakan sebuah berkah, karena menjadi momentum tepat untuk memperkenalkan dan mempromosikan berbagai potensi daerah Sulawesi Tenggara, baik potensi sumber daya manusia, maupun potensi sumber daya alam di berbagai sektor, seperti pertanian dalam arti luas, pertambangan, kelautan dan perikanan, serta potensi pariwisata,” kata Ali Mazi.

Ia pun mengajak para Duta Besar negara sahabat untuk mengunjungi spot-spot wisata alam yang ada di Sulawesi Tenggara, guna menambah pengalaman wisata, antara lain: Kepulauan Wakatobi sebagai bagian dari segi tiga karang dunia yang dikenal dengan keindahan bawah lautnya karena sangat kaya akan spesies ikan dan keunikan karangnya; Pulau Bokori dan Pantai Toronipa Kabupaten Konawe; Pulau Labengki dan Air Panas Wawolesea Kabupaten Konawe Utara, Goa Liangkobori dan Meleura Kabupaten Muna, Sungai Terpendek di dunia di Tamborasi Kabupaten Kolaka, Pulau Ular Buton Selatan, Taman Nasional Rawa Aopa-Watumohai, Pantai Tanjung Taipa, hingga Air Terjun Moramo di Kabupaten Konawe Selatan.

Baca Juga :  568 CPNS dan PPPK Sultra Terima SK

“Dapat dinikmati pula, berbagai macam kuliner khas etnis lokal Sulawesi Tenggara berbahan dasar pangan lokal, seperti Sinonggi dari Sagu, Kasuami dari Ubi Kayu, Kabuto dari Ubi Kayu yang dikeringkan, dan Kambuse dari Jagung,” katanya.

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang dilaksanakan di Kota Kendari, membawa berkah bagi masyarakat Indramayu. Tampilan Tari Topeng Kelana Gandrung dan Seni Berokan memukau pada acara Gala Dinner HPN.

Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, menjadi buah bibir para tamu undangan pada acara Pembukan HPN 2022. Acara ini berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara. Tari Topeng Kelana Gandrung, ditarikan Bupati ditemani dua penari Topeng Rani, merupakan cucu sang maestro tari topeng Indramayu Mimi Rasinah dan Maya, sang ajudan Bupati Indramayu.

Dalam sekejap susana berubah setelah Bupati Nina ditemani dua penari menampilkan kebolehannya di hadapan undangan. Nina Agustina yang sejak sekolah telah menggeluti sastra (puisi) dan marching band ini profesional dalam tariannya. Para undangan tampak terhipnotis oleh tarian topeng Bupati Nina. Namun sayangnya waktu dibatasi hanya 10 menit oleh pihak panitia.

Wajar saja kalau Bupati Nina akan penerima Anugerah Kebudayaan-Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) Pusat 2022 pada acara puncak HPN di lapangan Masjid Al Alam Kota Kendari. Sebelumnya akan dihelat di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara, tetapi melihat wabah Covid-19 kembali mencuat. Hal itu yang menjadi alasan panitia memindahkan puncak acara HPN.

Jadwal Acara HPN 2022

Acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 akan dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Kota Kendari, pada Rabu 9 Februari 2022. Presiden Joko Widodo akan memberikan sambutan pada acara puncak secara virtual.

Sebelum acara puncak, HPN 2022 dirayakan dengan berbagai kegiatan dan acara di Kota Kendari. Untuk rangkaian acara diawali Pameran Potensi Daerah, UMK, Ekraf, Pers, dan Festival Kuliner pada Minggu 6 Februari 2022.

Baca Juga :  Pj. Gubernur Sultra Bersepeda di Akhir Tahun 2023

Gubernur Ali Mazi hadir sekaligus membuka pameran yang digelar di Tugu Persatuan MTQ Square. Masih di lokasi yang sama, malam harinya akan ada panggung hiburan yang diisi parade seni budaya Buton, Indramayu, Sumba, Magetan, serta Sayembara Puisi.

Hari berikutnya, Senin 7 Februari 2022, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Sultra mengadakan Bakti Sosial pembagian sembako di kawasan Tugu Persatuan, mulai pukul 07.00 – 10.00 WIB. Setelah itu agenda Family Trip IKWI ke Pantai Toronipa didampingi Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara.

Masih di hari kedua HPN 2022, diagendakan Pembukaan Bersama Konvensi Media Massa, Seminar Nasional Energi, Seminar Nasional Pariwisata, dan Seminar PEN yang digelar secara hybrid dari Phinis Ballroom Hotel Claro. Pada momen ini, akan ada penandatanganan Deklarasi Bersama Kebangkitan Pariwisata Sulawesi Tenggara dan Deklarasi Transisi Energi Nasional.

Diskusi Anugerah Jurnalistik Adinegoro (akan dilakukan secara offline) dijadwalkan pukul 09.00–12.00 WITA di Auditorium Universitas Halo Oleo, dan terbuka untuk umum, menghadirkan Dewan Pers sebagai Keynote Speaker dan narasumber Panitia Tetap Adinegoro.

PWI Pusat juga menghadirkan Klinik Penulisan Kebudayaan di tengah peringatan HPN 2022 di Kota Kendari, dengan peserta wartawan, guru, dan penulis. Klinik yang akan dipandu oleh wartawan senior Yusuf Susilo Hartono, juga akan menghadirkan Nungki Kusumastuti, Dosen Institut Kesenian Jakarta juga seorang penari dan bintang film.

Pukul 16.00–18.00 WITA, diskusi Sinergitas Pers dan Pemerintah dalam Meningkatkan Produktivitas Pertanian Nasional dan Kelapa Sawit. Hadir narasumber dari Kementerian Pertanian dan Forum Perusahaan Sawit.

Menutup hari kedua akan ada Welcome Party berlokasi di Rumah Jabatan Gubernur Sultra. Acara ini dibatasi hanya dihadiri 100 tamu undangan yaitu Duta Besar dari berbagai negara sahabat, Menteri Kabinet Indonesia Maju, gubernur se-Indonesia, dan PWI. Disana, Bupati Indramayu akan tampil menari topeng “Kelana Gandrung”. (adm)

Facebook Comments