Busel Kembangkan Pengelolaan Arsip Elektronik

Bimbingan teknis pengembangan aplikasi Srikandi bersama ANRI secara daring melalui zoom meeting selama dua hari, mulai 17-18 Februari 2022. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com– Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) mengembangkan pengelolaan arsip elektronik melalui Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). Pengembangan aplikasi Srikandi ini menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Pengembangan aplikasi dibahas dalam bimbingan teknis bersama ANRI secara daring melalui zoom meeting selama dua hari, mulai 17-18 Februari 2022.

- Advertisement -

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Busel, Ediruddin menyampaikan, aplikasi Srikandi merupakan upaya implementasi pengelolaan arsip elektronik.

Kata dia, arsip merupakan salah satu sumber informasi yang sangat penting dalam tata kelola organisasi, terutama dalam menyongsong pemerintahan berbasis digital.

“Pemkab Buton Selatan sangat mengapresiasi ANRI yang telah merespon dengan cepat dan mendukung upaya pengimplementasian pengelolaan arsip elektronik di Buton Selatan,” katanya.

Direktur Kearsipan Daerah I ANRI, Muhammad Sumitro juga memberikan apresiasi atas upaya Pemkab Busel dalam mengembangkan kearsipan berbasis elektronik.

Kata dia, Pemkab Busel hanya perlu melengkapi sejumlah instrumen kearsipan pendukung dalam pengembangan aplikasi, diantaranya klasifikasi arsip maupun klasifikasi keamanan dan akses arsip yang diinput ke aplikasi.

Setelah mengikuti bimtek ini, Dinas Kearsipan dan Kominfo akan memberikan pendampingan kepada OPD lainnya agar aplikasi Srikandi yang digagas secepatnya digunakan. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Tabur Bunga, Semarak Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Buton Selatan