Dewan Tetapkan Monianse Wali Kota Baubau

Suasana paripurna pengumuman pengangkatan La Ode Ahmad Monianse sebagai Wali Kota Baubau definitif, di kantor DPRD Baubau, Senin 11 April 2022. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- DPRD Kota Baubau secara resmi menetapkan pengusulan pengangkatan La Ode Ahmad Monianse sebagai Wali Kota Baubau definitif menggantikan mendiang AS Tamrin. Penetapan usulan disampaikan dalam rapat paripurna di gedung DPRD Baubau, Senin 11 April 2022.

Ketua DPRD Baubau, H. Zahari mengaku, dengan paripurna ini maka tunai sudah tugas dewan. Pertama pengusulan pemberhentian Dr. AS Tamrin sebagai Wali Kota karena meninggal dunia dan kedua paripurna pengusulan pengangkatan Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse sebagai Wali Kota Baubau definitif melanjutkan sisa jabatan periode 2018-2023.

- Advertisement -

“Selanjutnya sudah menjadi tanggungjawab Provinsi Sultra untuk menyiapkan pelantikan Pak Monianse setelah mendapatkan rekomendasi dari Kemendagri. Tadi berita acara yang sudah ditandatangani dan langsung dikirim ke perwakilan Pemerintah Pusat (Kemendagri) di Provinsi Sultra, kemudian tinggal tunggu persetujuan Kemendagri,” katanya.

H. Zahari berharap Kemendagri secepatnya memproses persetujuan usulan pelantikan Wali Kota Baubau definitif. Sebab tugas Plt belum 100 persen melaksanakan tugas di daerah.

Terkait dengan Wakil Wali Kota Baubau yang akan mendampingi La Ode Ahmad Monianse ke depan, Zahari mengaku hal itu merupakan hak prerogatif Wali Kota Baubau definitif.

“Berdasarkan aturan telah lewat 18 bulan. Jadi kalau Pak Monianse merasa membutuhkan wakil, itu sudah hal prerogatif nya dia,” tandasnya.

Paripurna pengumuman pengangkatan Wali Kota Baubau definitif ini turut dihadiri Sekda Baubau, Kapolres Baubau, Dandim 1413 Buton, dan kepala OPDse-Kota Baubau. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  DPRD Baubau Tetapkan Agenda Masa Sidang Pertama Tahun 2024