730 Warga Baubau Dapat Santunan Ramadan Total Rp 200 Juta

Plt Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, saat menyerahkan santunan ramadan kepada warga kurang mampu di kantor Wali Kota Baubau, Selasa 12 April 2021. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com– Sebanyak 730 warga kategori kurang mampu di Kota Baubau mendapat santunan Ramadan dengan total bantun Ro 200 juta. Santunan tersebut berupa sembako dan modal usaha hasil kerjasama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Pemerintah Kota Baubau.

Bantuan secara simbolis diserahkan Plt Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, kemudian disusul Kapolres Baubau, Dandim 1413 Buton dan Ketua Baznas Baubau, di aula kantor Wali Kota Baubau, Selasa 12 April 2022.

- Advertisement -

Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengharapkan bantuan yang diberikan benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Diharapkan juga zakat yang terkumpul di Baznas dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Kepada penerima modal usaha supaya dilakukan pembinaan dengan baik sehingga dapat menstimulasi mereka supaya ke depan bisa menjadi pemberi zakat bukan lagi penerima zakat,” katanya.

Ketua Baznas Baubau, Muhadi Ilimi mengatakan, terdapat sebanyak 12.000 ribu warga kurang mampu yang berhasil terdata. Namun baru sekitar 730 Kepala Keluarga (KK) yang dapat disantuni.

Penerima bantuan terbagi dua. Masing-masing 700 kepala keluarga (KK) menerima paket sembako dan 30 lainnya menerima bantuan usaha masing-masing Rp 3 juta.

“Anggaran sekitar Rp 200 juta. Dana itu bersumber dari pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah dari unsur masyarakat, ASN, dan pendidik lingkup pemerintah Kota Baubau tahun 2021-2022. Jadi kalau kita sudah terima setoran zakat lagi, kurang lebih 500 warga sisanya tadi akan diupayakan secepatnya diberikan bantuan sebab kegiatan ini akan berjalan terus,” katanya.

Kata Muhadi Ilimi, kesejahteraan umat sudah menjadi visinya dan menggerakkan masyarakat baubau untuk berzakat adalah misi.

“Oleh karena itu, tahun ini target kita adalah mengurangi jumlah warga miskin dengan bantuan bantuan modal usaha yang diberikan. Karena selama ini sudah sekitar 500 orang yang berhasil didampingi dengan bantuan modal usaha,” tandasnya. (adm)

Baca Juga :  PAD Retribusi Pasar di Baubau Capai Rp 1,01 Miliar

Laporan : Ady

Facebook Comments