Pemkot Baubau dan BNI Hadirkan Aplikasi Pembayaran Pajak Digital

Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, saat melakukan ujicoba aplikasi setelah diserahkan Kepala BNI Cabang Baubau, Rahmat Ferdiansyah, di kantor Bapenda Baubau, Selasa 19 April 2022. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau bekerjasama BNI menghadirkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai metode pembayaran pajak secara digital. Aplikasi yang dikembangkan Bank Indonesia ini dipercaya mampu memudahkan transaksi wajib pajak melalui mobile banking.

Aplikasi QRIS diujicoba langsung Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, setelah diserahkan Kepala BNI Cabang Baubau, Rahmat Ferdiansyah, di kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Baubau, Selasa 19 April 2022.

- Advertisement -

La Ode Ahmad Monianse mengatakan, aplikasi tersebut merupakan langkah awal Kota Baubau menuju smart city dengan cara mengupayakan transaksi digital yang cepat, mudah dan terjangkau.

“Kebetulan hari ini BNI memfasilitasi kita menyiapkan aplikasi pembayaran untuk PBB, pajak restoran, pajak rumah makan, pajak hotel, pajak tempat hiburan dan reklame yang masuk langsung ke kas daerah. Sehingga diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat mencegah tingkat kebocoran PAD,” ucapnya.

Kata dia, tantangan daerah perkotaan sekarang masyarakat butuh percepatan, butuh mobilitas tinggi. Olehnya pemerintah menyiapkan aplikasi untuk kemudahan transaksi kapan saja dan dimana saja.

“Dengan adanya program ini masyarakat kita dipermudah membayar pajak atau retribusi nanti di tempat-tempat yang dekat dengan masyarakat sehingga tidak perlu ke loket lagi,” katanya.

Kepala BNI Cabang Baubau, Rahmat Ferdiansyah mengatakan QRIS adalah standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

“Jadi kami bersama Pemkot Baubau membuat QRIS itu untuk memudahkan wajib pajak dan mencegah kebocoran pendapatan daerah. Aplikasi QRIS juga sebagai langkah awal Baubau mencanangkan transaksi digital menuju smart city,” katanya.

Kata dia, masing-masing pajak memiliki QR Code atau mata pajak dengan kanal pembayaran QRIS. QRIS bisa diakses wajib pajak kendati menggunakan bank lain, asalkan yang penting yang bersangkutan memiliki mobile banking.

Baca Juga :  Antisipasi Arus Balik, Tujuh Pintu Masuk Baubau Diperketat

“Olehnya itu, mari kita wujudkan Kota Baubau sebagai kota digital dengan BNI sebagai suport-nya bersama bank lain. Inilah pelayanan yang kami berikan untuk memudahkan masyarakat,” katanya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments