Shin Tae-yong Kembali Puji Asnawi Mangkualam: Kualitas Bertahannya Top di Asia Tenggara

Asnawi Mangkualam membela Ansan Greeners FC di K-League 2. (Instagram/ansan_greeners_fc)

Ansan, Rubriksultra.com- Sanjungan dari Shin Tae-yong seolah tidak ada habisnya untuk Asnawi Mangkualam. Kali ini, manajer pelatih Timnas Indonesia itu memuji kualitas bertahan sang bek yang disebutnya berlevel tinggi di Asia Tenggara.

“Timnas Indonesia punya pemain yang bermain di Eropa di posisi penyerang sayap. Sehingga, Asnawi dapat digunakan untuk bertahan,” kata Shin Tae-yong dinukil dari media Korea Selatan, Chosun.

- Advertisement -

“Di Asia Tenggara, ia memiliki pertahanan top yang kelas. Jika ada lima pemain seperti Asnawi, kita bisa langsung menang,” jelas Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong bersama Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menonton penampilan Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners ketika menghadapi Daejeon Hana Citizen pada Minggu (24/4/2022).

Asnawi Mangkualam tidak menjadi starter, melainkan bermain sebagai pengganti dan masuk pada menit ke-27 untuk menggantikan Song Jin-kyu.

Awalnya Jadi Winger, eh Balik Lagi ke Bek Sayap Kanan

Pemain berusia 23 tahun itu mulanya dimainkan sebagai winger kanan oleh pelatih Cho Min-kook, namun diubah menjadi bek sayap kanan pada babak kedua.

“Saya memberitahu pelatih Ansan Greeners bahwa akan lebih baik menggunakan Asnawi sebagai bek sayap kanan dalam formasi tiga bek,” ujar Shin Tae-yong.

“Namun, itu adalah prioritas tunggal pelatih untuk menggunakan pemain tergantung kebutuhan tim,” imbuh arsitek berusia 51 tahun tersebut.

Tidak mau kalah dengan Shin Tae-yong, Cho Min-kook juga angkat topi dengan penampilan Asnawi Mangkualam.

“Asnawi bermain bagus pada babak pertama. Namun, saya tidak punya pilihan untuk mengubahnya sebagai bek. Begitu pemain asing kami, Asnawi masuk, kami bisa mencetak satu gol,” terang Cho Min-kook.

Sumber: Bola.com

Facebook Comments
Baca Juga :  Jadwal Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021: Vietnam Lawan Pertama