Gubernur Minta Tradisi Kande-kandea Dipertahankan

Gubernur Sultra, Ali Mazi, saat menghadiri acara Kande-kandea di Baruga Keraton Buton, Minggu 22 Mei 2022. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Gubernur Sultra Ali Mazi sangat mengapresiasi gelaran Pekakande-kandea yang diinisiasi Pemkot Baubau dalan rangkaian HUT Sultra, di Baruga Keraton Buton, Minggu 22 Mei 2022. Menurutnya gelaran ini patut dilestarikan dan dipertahankan.

“Kande-kandea merupakan tradisi budaya yang patut dipertahankan sebab kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi satu sama lain. Kami menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Plt Wali Kota Baubau ini,” kata Ali Mazi.

- Advertisement -
Gubernur Sultra, saat menghadiri jamuan Kande-kandea. (Foto Istimewa)

Ali Mazi mengatakan, kande-kandea ini juga merupakan tanda kesyukuran dalam menyambut napak tilas Oputa Yi Koo sebagai pahlawan nasional yang nanti malam akan dibuka. Pembukaan sekaligus dengan expo UMKM besar-besaran dalam merayakan HUT Sultra di pelataran Kotamara, 22-28 Mei mendatang.

Expo UMKM diharapkan dapat mengundang antusias masyarakat untuk berkunjung sebab akan banyak produk-produk UMKM yang akan ditampilkan nantinya.

“Semoga kegiatan di Baubau sukses dan semoga beberapa proyek strategis yang direncanakan di Baubau pada 2023 nanti juga berjalan lancar,” pungkasnya.

Suasana ritual kande-kandea di baruga Keraton Buton dalam rangkaian HUT Sultra ke-58 tahun. (Foto Istimewa)

Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada pemerintah Kota Baubau dalam menyelenggarakan event-event regional belakangan ini. Ia pun berupaya mengemban amanah itu dengan baik.

“Alhamdulillah berdasarkan pemantauan, hasil dari kegiatan kegiatan yang dipercayakan kepada kami itu berdampak positif buat perkembangan perekonomian khususnya pada masa pemilihan pasca pandemi ini, tentu itu menunjukan pertumbuhan ekonomi di Baubau berangsur-angsur membaik. Ini benar-benar menjadi anugerah yang tidak ternilai buat pemerintah dan seluruh masyarakat Baubau,” tukasnya. (adv)

 

Facebook Comments
Baca Juga :  PWI Pusat dan Pemprov Sultra Mantapkan Kesiapan HPN 2022