Upacara Peringatan Hardiknas dan Hari Otonom Daerah Digelar Bersamaan

BAUBAU, Rubriksultra.com – Berpusat di pelataran kantor Walikota Baubau, Rabu 2 Mei 2018 digelar upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang berlangsung secara hikmad. Upacara Hardiknas dirangkaikan bersamaan dengan Hari Jadi Otonomi Daerah ke XXII tingkat Kota Baubau.

Dalam upacara tersebut, Pj Walikota Baubau Dr Ir Hado Hasina, MT membacakan dua sambutan menteri sekaligus, yakni Mendagri Tjahyo Kumolo dan sambutan Mendukbud RI, Muhadjir Efendy.

- Advertisement -

Direlease Kadis Komunikasi dan Informasi Kota Baubau, H. Idrus Taufiq saidi, S.Kom, M.Si, Pj Walikota Hado Hasina berpesan kepada semua anak bangsa untuk tetap bekerja secara profesional, penuh kreativitas dan berinovasi. “Jangan takut berinovasi, sebab hanya inovasi yang tidak memiliki pelanggaran pidana. Tentu berkaitan dengan kemaslahatan ummat manusia,“ tegasnya.

Mendagri melalui Hado Hasina juga menyampaikan perubahan positif dengan hadirnya Otonomi Daerah yang telah berjalan kurang lebih 22 tahun dipandang telah membawa perubahan besar bangsa Indonesia dengan penduduknya sebanyak 261 juta jiwa dengan keragaman suku bahasa dan agama. “Yang terpenting dari semua itu adalah membangun kekompakan, menjaga persatuan dan kesatuan, serta senantiasa memelihara semangat kebangsaan, sebab Indonesia kini telah bergerk maju dan sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia,” tambahnya.

Hal yang tak lupa dipesankan di tahun 2018 ini ada agenda besar sebagai rangkaian dari pesta demokrasi yakni penyelenggaraan Pilkada Serentak di 171 daerah di Indonesia, meliputi Pilgub 17 Provinsi, 39 daerah kota dan 115 kabupaten, sebaiknya disikapi dalam kerangka demokrasi yang sehat, dan untuk melahirkan pemimpin yang bisa membawa kemajuan.

“Kepada para pasangan calon untuk mengutamakan visi dan misi, bukan saling menyindir dan menjatuhkan satu dengan yang lainnya. Publik juga harus bisa menjaga kekerabatan dalam keragaman pendapat,” tandasnya.

Baca Juga :  THR Cair Awal Juni

Berkaitan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang mengambil tema “Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan”, Hado Hasina mengingatkan nilai-nilai luhur yang ditanamkan tokoh pendidikan nasional, Ki Hajar Dewantoro.

Hal yang diungkap adalah pendidikan juga harus menyiapkan tenaga technocraft, tenaga terampil dan kreatif, yang memiliki daya adaptasi tinggi terhadap perubahan dunia kerja yang kian cepat dan memiliki kemampuan berpresisi tinggi untuk mengisi teknostruktur sesuai dengan kebutuhan.

Mekipun demikian, pihaknya juga mengakui bahwa belum semua wilayah tersentuh pembangunan infrastruktur yang bisa menjadi sabuk pendidikan dan kebudayaan dalam ikatan ke indonesiaan. “Oleh karena itu pada tahun-tahun mendatang pemerintah akan memberikan prioritas pembangunan infrastruktur pada daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) agar wilatyah-wilayah tersebut terintegrasi dan terkoneksi ke dalam layanan pendidikandan kebudayaan,” imbuhnya.

Guru, orang tua dan masyarakat juga harus menjadi sumber kekuatan untuyk memperbaikikinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia. Tripusat pendidikan tersebut harus simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong royong, dan seterusnya bagi penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa.

“Tantangan eksternal yang muncul yaitu Revolusi Industri 4.0 yang bertumpu pada cyber physical system yang telah mengubah perikehidupan masyarakat. Artificial intelegence, internet of things, 3D printing, robot, dan mesin-mesin cerdas secara besar-besaran menggantikan tenaga kerja manusia, “ paparnya.

Upacara bendera ini berakhir pada pukul 10.00 wita, dan selanjutnya hiburan dan pemenasan tari kolosal dari sejumlah pelajar SMP dan SMU se Kota Baubau ikut memeriahkan Hardiknas kali ini, ditutup dengan pementasan musik ‘happy birthday’ menjadi penyemarak suasana.

Upacara dihadiri segenap anggota Forkompimnda, Ketua DPRD Kota Baubau, H. Kamil Ady Karim dan wakilnya La Bara AMKL, serta beberapa kelompok organisasi sosial kemasyarakatan di Kota Baubau. (adm)

Facebook Comments