Kembangkan Sektor Perikanan, Pj Bupati Buteng Gandeng Peneliti ITB

PJ Bupati Buteng, Muhammad Yusup saat melakukan kunjungan di Gedung Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB, baru-baru ini. (Foto Istimewa)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng), Muhammad Yusup, mulai melirik potensi besar pengembangan sektor perikanan. Pengembangan melibatkan tim terbaik dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pelibatan tim ITB dalam pengembangan sektor perikanan diminta langsung PJ Bupati Buteng, Muhammad Yusup saat melakukan kunjungan di Gedung Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB, baru-baru ini.

- Advertisement -

Dalam pertemuan, Muhammad Yusup disambut langsung tim implementasi dari kampus yang terletak di Kota Bandung tersebut, diantarnya Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, MT., Ph.D, Sekretaris Bidang Kewirausahaan LPIK ITB, Dr. Irwan Gumilar, ST., M.Si, Kepala Pusat Pengembangan Wilayah Pesisir dan Laut (PPWPL) LPIK ITB, Mohammad Farid, S.T., M.T., Ph.D dan Asisten I, II PPWPL.

Muhammad Yusup mengatakan, pertemuan tersebut dalam rangka koordinasi kajian potensi ancaman, kerentanan, potensi dampak tsunami pada wilayah pesisir Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan dan Kabupaten Buton Tengah. Analisis potensi solusinya akan dilakukan oleh tim peneliti dari LPIK-ITB.

“Diharapkan dengan adanya kajian ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat serta pemerintah daerah terkait potensi tsunami di daerah tersebut dan dapat memberikan edukasi serta solusi dalam mengantisipasi apabila terjadi tsunami,” katanya.

Selain melakukan koordinasi kegiatan kajian potensi tsunami, juga dibangun komunikasi dengan LPPM ITB dalam rangka pengembangan UMKM di Buton Tengah, khususnya usaha pengembangan sumberdaya perikanan. Menurutnya sektor perikanan begitu melimpah diantaranya ikan Teri Nasi di Kecamatan Mawasangka.

“Nah, outputnya nanti diharapkan tim LPPM ITB mengadakan pengkajian mengenai usaha pengembangan sumberdaya perikanan yang ada di Buton Tengah dan dapat melibatkan Koperasi dan UMKM yang ada di Buton Tengah dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat di Buton Tengah,” katanya. (adm)

Baca Juga :  Pj Bupati Buteng Lantik Dua Pejabat Eselon II

Laporan : Ady

Facebook Comments