Sandiaga Uno Puji Sistem Demokrasi di Kesultanan Buton

Menteri Sandiaga Uno, saat berkunjung di Kota Baubau, Rabu 8 Juni 2022. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, tertarik dengan sistem demokrasi yang diterapkan Kesultanan Buton sejak 1610 silam. Menurutnya proses pemilihan pemimpin yang dianut Indonesia saat ini sudah lebih dulu diterapkan Kesultanan Buton masa lampau.

“Menarik, pemilihan pemimpin di Kesultanan Buton dulu dipilih secara demokrasi, jika cakap diteruskan jika seandainya tidak cakap akan dievaluasi,” kata Sandiaga Uno, saat berkunjung di Kota Baubau, Rabu 8 Juni 2022.

- Advertisement -

Selain memuji sistem pemerintahan Kesultanan Buton, Menteri Sandiaga juga menyempatkan diri menikmati suasana benteng keraton dengan berkeliling menggunakan sepeda.

Lawatan Sandiaga Uno merupakan yang pertama kali di Kota Baubau ini, juga sekaligus meninjau langsung Limbo Wolio (Kawasan Benteng Wolio) Kelurahan Melai Kecamatan Murhum yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022. Limbo Wolio sendiri akan menjalani penilaian dari tim juri ADWI, Kamis 9 Juni 2022.

Sandiaga mengatakan, antusiasme masyarakat terhadap Limbo Wolio luar biasa. Berdasarkan pengalamannya di tempat-tempat lain, belum ada dukungan masyarakat yang begitu antusias seperti kali ini.

“Untuk itu mari terus menjaga dan melestarikan agar terus menjadi icon Kota Baubau ini,” katanya.

Sandiaga mengatakan, keausan batu-batu pada benteng Wolio Buton pasti akan susut, sehingga mesti ada konservasi. Untuk pihaknya berkomitmen bakal menjaga aspek keberlanjutan benteng wolio ke depan sebagai icon Kota Baubau.

“Agar benteng terbesar di dunia ini bisa terus dinikmati anak-cucu sampai ratusan tahun ke depan,” katanya.

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, kedatangan Menteri Sandiaga Salahuddin Uno memberikan kekuatan kepada masyarakat dan pemerintah untuk mempertahankan posisi dan berusaha menjadikan sektor pariwisata di Baubau khususnya Limbo Wolio lebih baik lagi.

Baca Juga :  Sekda Baubau: Idhul Adha, Momentum Saling Berbagi Kebahagiaan

“Semoga dengan pariwisata Indonesia bisa bangkit kembali dan Baubau bisa meraih kembali cita-citanya menjadi kota yang maju sejahtera dan berbudaya,” ucapnya.

Sebagai tambahan informasi Menteri Sandiaga Uno tiba di Benteng Keraton Buton disambut tarian Galangi. Sandiaga Uno kemudian disambut Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse bersama Sultan Budaya, Forkopimda, Sekda, Ketua DPRD dan Ketua Pokdarwis serta Lurah Melai.

Menteri juga tertarik mencoba permainan tradisional Lojo melawan Wali Kota Baubau. Kemudisn berziarah ke Makam Sultan Murhum dengan prosesi adat santiago dan mengunjungi situs batu popaua, melihat jangkar peninggalan VOC dan aneka sovenir, kuliner dan fashion.

Menteri lalu menikmati pesona Benteng Wolio dengan berkeliling menggunakan sepeda menuju ke Baluarana Kalau (area Desa Wisata Limbo Wolio). Disitu Menteri menandatangani prasasti dan memberikan sertifikat dan plakat kepada Ketua Pokdarwis. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments