Busel Juara Pawai Ta’aruf MTQ Sultra

Gubernur Sultra, Ali Mazi, saat menyerahkan hadiah juara pertama kepada kontingen Pemkab Busel. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com– Kontingen Kabupaten Buton Selatan meraih juara pertama dalam Pawai Ta’ruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 tingkat Provinsi Sultra yang dihelat di Kota Kendari kemarin (10/8). Keputusan tersebut berdasarkan penilaian dewan juri dengan memberikan nilai tertinggi dibanding 17 kabupaten/kota yang mengikuti Pawai Ta’aruf.

Dewan juri yang terdiri dari Herawati Mukhlisi, Nurhayati Marzuki, Masura Ilaladamai, Andi Sultan Bakri, Nurhayati R Toar, Aniantin SA dan Leonardo Silato. Dimana, kontingen Kabupaten Buton Selatan berhasil mengumpulkan poin 3.150 unggul tipis dari Kabupaten Buton Utara dan Kabupaten Konawe yang hanya mampu mengumpulkan poin masing-masing 3.100 dan 3.000 poin.

- Advertisement -

Hadiah bagi para pemenang lomba Pawai Ta’ruf MTQ ke-29 Sultra tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sultra Ali Mazi kepada Pemerintah Kabupaten Buton Selatan yang diwakili Asisten I Setda Kabupaten Buton Selatan Zainal dalam malam pembukaan MTQ disalah satu hotel di Kota Kendari.

Penjabat Bupati Kabupaten Buton Selatan, Laode Budiman melalui Asisten I Setda Kabupaten Buton Selatan, Zainal menuturkan kendaraan hias Kabupaten Buton Selatan yang mengusung tema Pelayaran Zuhud Asabhangka Asarope Labu Wana Labu Rope menjadi yang terbaik dalam Pawai MTQ ke-29 tingkat Provinsi Sultra. Dimana, dalam kendaraan tersebut dihias menyerupai perahu tradisional masyarakat Buton Selatan (Bhangka) dengan menampilkan miniatur Masjid Zaetul Mu’minina dan 3 tokoh besar penyebar ajaran Islam di Bumi Gajah Mada.

“Apa yang kami tampilkan dalam karnaval Budaya jelang pembukaan MTQ ke-29 Sultra 2022 ini tidak terlepas dari arahan dan petunjuk Penjabat Bupati Buton Selatan, Laode Budiman dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton Selatan, Yuniar Budiman. Alhamdulillah Kabupaten Buton Selatan berhasil keluar sebagai yang terbaik mengungguli 17 kabupaten/kota di Sultra,” tuturnya

Baca Juga :  Hugua: Peran Masyarakat Penting dalam Pengawasan Pemilu

Kata dia, sejak awal Kabupaten Buton Selatan meyakini akan menjadi yang terbaik diajang pawai Ta’ruf kali ini. Mengingat, antusias pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Selatan dalam menunjukkan semangat kebersamaan serta persatuan dan kesatuan yang ditunjukkan memberi warna tersendiri dalam perhelatan MTQ Sultra tahun 2022.

“Kabupaten Buton Selatan sangat menghargai, menghormati dan patuh atas apa yang telah diamanatkan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi untuk kesertaan dalam pawai. Dan amanat itu kita tindak lanjuti dengan menampilkan yang terbaik sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Buton Selatan,” tambahnya

Sebelumnya, Penjabat Bupati Kabupaten Buton Selatan, Laode Budiman menjelaskan dalam pawai Ta’ruf MTQ ke-29 tingkat Provinsi Sultra tahun 2022, Kabupaten Buton Selatan mengusung tema Pelayaran Zuhud Asabhangka Asarope Labu Wana Labu Rope. Dimana, tema tersebut mewakili semangat juang masyarakat Buton Selatan yang tak pantang menyerah dalam menggapai cita-cita.

“Budaya asabhangka asarope merupakan spirit kebersamaan dalam balutan satu kata, satu sikap dan satu tindakan untuk mencapai tujuan bersama. Apapun tantangan pelayaran, solidaritas akan tercipta karena kesamaan tujuan, bukan semata- mata kesamaan asal daerah,” jelasnya

Selain itu pula Kabupaten Buton Selatan juga menampilkan miniatur Bhangka dan miniatur mesjid Zaetul Mu’minina. Dimana kedua hal tersebut merupakan cerminan kegigihan dan keimanan masyarakat Buton Selatan dalam menjalankan roda kehidupan. (adm)

Facebook Comments