Berlayar Rute Baubau-Kolaka, KM Tiwi Kila 02 Kandas di Pulau Maniang

KENDARI, Rubriksultra.com – Meski sudah berpengalaman dalam mengarungi samudra, KM Tiwi Kila 02 tak mampu menjajal rute baru, jurusan Baubau-Kolaka. Kapal ini dilaporkan kandas di Pulau Maniang saat berlayar, Jumat 4 Mei 2018 sekira pukul 20.50 WITA.

Kandasnya kapal ini dilaporkan oleh seorang penumpangnya bernama Amir kepada Search And Rescue (SAR) Kendari.

- Advertisement -

Humas SAR Kendari Wahyudi mengaku, kapal kandas karena alat navigasi yang tidak berfungsi. Kapal ini juga baru melakukan rute perdananya jalur Baubau-Kolaka.

“Pada pukul 21.00 WITA tim rescue Pos SAR Kolaka dengan menggunakan RB 307 dan RIB pos SAR Kolaka diberangkatkan menuju TKM untuk memberikan pertolongan,” ungkap Wahyudi.

Pada pukul 03.12 WITA dini hari, RB 307 dan RIB bersama potensi yang terlibat di lapangan tiba di TKM dan langsung mengevakuasi seluruh POB KM Tiwi Kila 02 menuju pelabuhan nusantara Kolaka dan tiba dalam keadaan selamat.

“Dengan ditemukannya dan dievakuasi seluruh POB kapal yg kandas tersebut, Ops SAR dinyatakan selesai dan ditutup,” katanya.

Berdasarkan data manifes kapal, jumlah penumpang sebangak 59 orang yang terdiri dari 5 orang ABK kapal dan 54 orang penumpang.

Dalam operasi penyelamatan ini, turut terlibat Pos AL Kolaka, BPBD Kolaka, Ka SROP Kolaka dan masyarakat nelayan.(adm)

 

 

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments
Baca Juga :  Mediasi Damai Gugatan RossY Ditunda Bulan Ramadan