Haroana Baubau, Lomba Tradisional Tingkatkan Sinergitas OPD

Kepala Dispora Kota Baubau, Muhammad Tasdik saat memantau jalannya lomba yang berlangsung di Alun-alun Kotamara, Baubau.
Kepala Dispora Kota Baubau, Muhammad Tasdik saat memantau jalannya lomba yang berlangsung di Alun-alun Kotamara, Baubau. (Foto Ady/Rubriksultra)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau menggelar tiga jenis lomba tradisional pada 7-10 Oktober 2022, di Alun-alun Kotamara, Baubau.

Lomba tradisional diselenggarakan dalam rangka Haroana Baubau memperingati Hari Jadi Kota Baubau ke 481 dan HUT Kota Baubau ke 21 sebagai daerah otonom yang jatuh pada 17 Oktober 2022.

- Advertisement -

Adapun lomba tradisional itu antara lain lomba halang rintang atau di masyarakat Buton mengenal dengan sebutan ase. Kemudian lomba tarik tambang dan lomba bakiak.

Peserta lomba diikuti oleh seluruh SMP, Kelurahan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Baubau.

“Dalam lomba ini dikandung maksud bahwa akan tercipta persatuan, kerjasama, dan upaya untuk menang. Tentunya akan semakin menumbuhkan sinergitas semua peserta,” ucap Kepala Dispora Kota Baubau, Muhammad Tasdik, dikonfirmasi di lokasi lomba.

Tasdik mengharapkan melalui semangat lokal dari leluhur dan sinergitas yang tercipta dalam terselenggaranya lomba itu dapat menginspirasi semua pihak untuk mengisi pembangunan di Kota Baubau.

“Nah, melalui semangat kerja sama itulah yang menginspirasi kita semua untuk mengisi pembangunan di Baubau,” ujarnya.

Mantan Kabag Hukum Setda Kota Baubau ini mengatakan lomba ase diikuti oleh siswi-siswi tingkat SMP. Kemudian tarik tambang diikuti oleh wanita di Kelurahan termasuk emak-emak dan lomba bakiak diikuti oleh putra putri seluruh OPD termasuk emak-emak dan bapak-bapak.

“Penyerahan hadiah tiga jenis lomba ini rencananya akan diserahkan dipanggung utama di Kotamara,” pungkasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Penjualan Toyota Baubau Capai Rp 80 Miliar