Pekan Kolaborasi UMKM dan Baubau Expo Resmi Ditabuh

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse resmi membuka pekan kolaborasi UMKM dan Baubau Expo tahun 2022 sebagai acara inti dari Haroana Baubau dalam rangka memperingati Hari Jadi Baubau ke-481 dan HUT Kota Baubau ke-21 sebagai Daerah Otonom. (Foto ASMADIN)
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse.

BAUBAU, Rubriksultra.com – Pekan kolaborasi UMKM dan Baubau Expo tahun 2022 sebagai acara inti dari Haroana Baubau dalam rangka memperingati Hari Jadi Baubau ke-481 dan HUT Kota Baubau ke-21 sebagai Daerah Otonom resmi dibuka Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, di pelataran Kotamara, Selasa malam 11 Oktober 2022.

Berbagai macam UMKM di Kota Baubau selama sepekan dibolehkan berjualan di stand-stand yang sudah disiapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

- Advertisement -

“Terhitung mulai malam ini kita memasuki rangkaian acara inti yang diawali dengan Pekan Kolaborasi UMKM dan Baubau Expo 2022,” kata La Ode Ahmad Monianse saat Opening Ceremony Haroana Baubau 2022.

Monianse mengatakan Kota Baubau dalam perjalanan ke 481 tahun dan ke 21 tahun sebagai daerah otonom adalah perjalanan yang cukup panjang dari sebuah daerah.

Pemerintah beserta segenap stakeholder dan masyarakat telah banyak mengalami pahit dan manisnya perjuangan membangun Kota Baubau menuju Baubau yang ‘Maju, Sejahtera dan Berbudaya’.

Salah satu tantangan terbesar dalam membangun daerah adalah pandemi Covid-19 yang telah meluluhlantakan berbagai aspek kehidupan dan kini telah memasuki masa pemulihan.

Selaras dengan itu, momentum peringatan Hari Jadi Baubau 2022 ini, mengangkat tema ‘Bangkit, Akomodatif dan Kolaborasi (Taposasaangu, Tapohamba-hamba To Yimalapeakana Lipu).

“Tema ini sangat relevan dengan upaya pemulihan ekonomi daerah yang sedang kita upayakan, dan harus kita sadari bersama bahwa perubahan menuju kemajuan hanya dapat dicapai dengan kolaborasi serta sinergi yang melibatkan berbagai sektor dan seluruh lapisan masyarakat Kota Baubau,” ujarnya.

Olehnya itu, lanjut Monianse, mulai tahun 2022 ini model perayaan Hari Jadi Kota Baubau merekonstruksi menjadi Haroana Baubau.

Format kegiatan Haroana Baubau meliputi pesta rakyat dan syukuran selama awal bulan Oktober hingga acara puncak pada 17 Oktober 2022.

Baca Juga :  Penumpang Bentor di Baubau Meninggal Dilindas Truck Kontainer

“Haroana Baubau merupakan penegasan bahwa Pemkot Baubau selalu berupaya maksimal untuk berpihak pada ekonomi kerakyatan, khususnya melindungi UMKM dengan mengarahkan pembangunan yang pro rakyat dengan semboyan Melayani Tanpa Sekat,” imbuh Monianse.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kota Baubau ini berharap pada seluruh rangkaian Haroana Baubau 2022 selama satu bulan ini bisa memberikan vibrasi positif bagi kemajuan Kota Baubau.

Terkhusus Pekan Kolaborasi UMKM dan Baubau Expo yang berlangsung selama sepekan ini, diharapkan banyak yang dapat dilihat dan diketahui masyarakat.

“Tentunya juga terjadi transaksi jual beli maupun kerjasama bisnis yang saling menguntungkan dan berdampak positif bagi peningkatan penanaman modal dan terbukanya peluang usaha sekaligus memberikan andil yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments