BPBD Siapkan Tim Evakuasi Kecelakaan Bawah Air

BAUBAU, Rubriksultra.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau menyiapkan tim evakuasi kecelakaan bawah air. Tim ini akan bekerja jika sewaktu-waktu ada kecelakaan kapal karam di perairan Baubau dan sekitarnya.

Kepala BPBD Kota Baubau, Muslimin Hibali mengatakan untuk mempersiapkan tim ini, pemerintah daerah akan mengadakan pelatihan dengan melibatkan TNI AL. Pelatihannya akan dimulai Selasa (8/5/2018) besok hingga dua hari kedepan di pantai Nirwana, Kota Baubau.

- Advertisement -

Pelatihan tim evakuasi bawah air ini diikuti sedikitnya 25 dari 40 anggota satgas yang telah dibentuk. Bila dianggap berkompeten maka ke 25 anggota evakuasi ini akan mengantongi Surat Izin Menyelam (SIM).

Mantan Camat Wolio ini tak menjamin jika seluruh anggota satgas yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan SIM. Terdapat beberapa latihan yang harus dituntaskan para peserta bila ingin mengantongi SIM itu.

“Bisa jadi seluruhnya atau hanya sebagian saja yang akan mendapatkan SIM ini. Hanya yang berkompeten saja,” tukas Muslimin ditemui di hotel Mira, Senin (7/5/2018).

Ia menambahkan tim evakuasi bawah laut ini bukan hanya bertugas diwilayah Kota Baubau saja. Bila ada kapal karam diluar wilayah Baubau, maka tim ini yang akan diutus untuk melakukan evakuasi. (uky/war)

Facebook Comments
Baca Juga :  Bulan Ini, PAN Musdalub di Buton, Mubar dan Wakatobi