22 Dokter Dikerahkan Peringati HKN di Busel

Panitia HKN dan para dokter berpose bersama saat memberikan pelayanan kesehatan di Kecamatan Kadatua. (Foto Zarmin)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Sebanyak 22 dokter yang terdiri dari 14 dokter umum dan 8 dokter spesialis dikerahkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kecamatan Kadatua. 22 dokter ini diterjunkan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Kabupaten Buton Selatan (Busel), yang akan jatuh pada 12 November 2022 mendatang.

“Alhamdulillah 150 pasien berhasil diperiksa dalam kegiatan tersebut dan diberi pengobatan dasar melalui poli penyakit dalam, THT (Telingah, Hidung, Tenggorokan) Anak, Obgyn (kandungan), radiologi, bedah, anastesi dan aestetik termasuk mata,” kata Ketua Panitia HKN, La Rumu, Sabtu 5 November 2022.

- Advertisement -

La Rumu mengatakan, sebelum di Kadatua, pada 26 Oktober lalu juga telah dilakukan pemberian tablet tambah darah untuk Remaja Putri (Rematri) di semua Puskesmas se-Busel. Ia pun meminta kerjasama semua pihak untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

“Selain panitia yang mempersiapkan koordinasi kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Buton dan Baubau agar merekomendasikan delapan dokter spesialis dan 14 dokter umunya untuk turut andil pada kegiatan ini, kita juga himbau seluruh staf puskesmas untuk menyiapkan sarana dan prasaranya termasuk semua pemerintah kecamatan dan desa untuk turut menghimbau warganya agar memerikasakan kesehatannya,” katanya.

Ketua IDI Cabang Buton, dr. Elwin Sp. Rad dan perwakilan IDI Baubau, dr. Taliyah Sp. THT mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Busel yang sudah diikutkan berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan tersebut.

Kapus Puskesmas Kadatua, Wa Ode Muslimat sangat berterima kasih atas kegiatan ini. Ia berharap momentum hari kesehatan nasional seperti ini dapat berkesinambungan agar sentuhan para dokter spesialis bisa langsung dirasakan para pasien.

“Kita memang masih terkendala jarak untuk ke ibukota guna berkonsultasi dan mendapatkan pengobatan dasar, apalagi, Kecamatan Kadatua dengan jumlah 10 desa yang dipisahkan lautan dari ibukota hanya dapat ditempuh dengan perahu bermesin,” tandasnya. (adm)

Baca Juga :  Pj Bupati Busel Buka Musda Muhammadiyah di Buton Selatan

Laporan : Zarmin

Facebook Comments