240 Rumah di Baubau akan Dibedah Tahun Ini

Kepala Dinas Perkimtan Baubau, Amalia Abibu.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Sebanyak 240 rumah di Kota Baubau akan dibedah pada tahun 2023 ini. Anggaran bedah rumah bersumber dari APBD Baubau dan APBN.

“Alhamdulillah tahun ini program bedah rumah untuk APBD kita dapat 35 unit. Kemudian APBN ada 205 unit,” ucap Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Petanahan (Perkimtan) Kota Baubau, Siti Amalia Abibu, di kantornya, Senin 9 Januari 2023.

- Advertisement -

Amalia Abibu mengatakan, data calon penerima manfaat sudah ada dan tersebar di 43 kelurahan. Saat ini masih tahap verifikasi dan identifikasi lokasiapakah sudah sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan atau tidak.

“Untuk APBN setiap unit memperoleh Rp20 juta, sementara APBD Rp17,5 juta berdasarkan Perwali,” katanya.

Berdasarkan data, kata Amalia Abibu, total Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Baubau tahun lalu berjumlah sekitar 7.000 unit.

“Setelah diintervensi program bedah rumah tahun lalu ditambah dengan tahun ini tentu semakin berkurang jumlahnya, mungkin sekitar enam ribuan yang harus kita tuntaskan. Olehnya kami berharap ada program-program yang bisa di kerjasamakan dari BUMN untuk mengurangi jumlah RTLH kita,” harapnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Pekan Kolaborasi UMKM dan Baubau Expo Resmi Ditabuh