La Ode Muhammad Sumarlin Pimpin Kadin Buton

La Ode Muhammad Sumarlin (enam dari kiri) berpose bersama usai pelantikan. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- La Ode Muhammad Sumarlin resmi dilantik sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Buton periode 2023-2028. Direktur PT. Tiara Abadi Sentosa itu terpilih saat Musyawarah Kabupaten (Muskab) IV Kadin Buton, di hotel Zenith Baubau, Senin 6 Februari 2023.

La Ode Muhammad Sumarlin mengaku akan memegang amanah yang dipercayakan dengan baik. Ia berjanji akan mengangkat potensi Kabupaten Buton khususnya di bidang perikanan, perkebunan, peternakan maupun pertambangan.

- Advertisement -

“Alhamdulillah kepercayaan itu diberikan kepada saya walaupun saya sudah lama di luar, saya kembali ke daerah dengan niat membangun dan bisa membuka ruang-ruang investasi baru khususnya di Kabupaten Buton,” katanya.

Program kerja Kadin Buton ke depan, lanjut dia, bagaimana membangun kemitraan dan lebih membantu Pemerintah Daerah.

“Target saya ke depan lebih ke antimainstream tidak yang itu-itu terus. Yang saya mau buka ruang baru khususnya sektor perikanan. Bagaimana kita mengelola tuna baik kita kirim domestik atau ekspor. Apakah dalam bentuk olahan mentah atau olahan jadi,” katanya.

Sumarlin mengatakan, Pj Bupati Buton meminta untuk memanfaatkan TPI yang sudah lama mangkrak supaya nelayan di Buton punya ruang.

Kemudian ampas-ampas ikan dimanfaatkan untuk pakan ternak. Lalu dari sisi perkebunan ada banyak potensi yang bisa mengundang investor khususnya tanaman porang. Kemudian juga pertambangan.

“Olehnya, untuk saat ini kegiatan awal program kerja kita lebih fokus dulu dengan yang tidak pernah dilirik, yang selama ini sudah mati suri. Nah itu yang kita hidupkan kembali. Utamanya potensi daerah,” katanya.

Mantan manager aspal minyak ini juga siap selalu menggaungkan aspal Buton.

“Sambil berjalan aspal Buton ini tetap saya lanjutkan. Sebagaimana yang saya pahami waktu Pak Presiden berkunjung ke Pulau Buton menegaskan stop impor aspal. Olehnya mari kita sama-sama kampanyekan aspal Buton,” ajaknya. (adm)

Baca Juga :  Dua Pelajar Baubau Dibegal di Palagimata

Laporan : Ady

Facebook Comments