Salah Satu Grup Facebook di Baubau Terancam Dihapus

BAUBAU, Rubriksultra.com- Salah satu grup facebook yang berasal dari Kota Baubau terancam akan dianulir atau bisa jadi akan dihapus pihak facebook. Sinyal penghapusan akun grup ini disebabkan atas adanya aduan masyarakat atas konten yang disajikan dalam grup itu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Baubau, H Idrus Taufik Saidi mengatakan peluang penghapusan salah satu akun grup di Baubau ini sangat besar. Sebab, masyarakat yang mengadukan akun ini mengatasnamakan diri sebagai komunitas.

- Advertisement -

“Kalau komunitas itu berarti lebih dari satu orang. Nah, ini menjadi catatan kami dan tidak menutup kemungkinan kedepan ada lagi gugatan atau pengaduan masuk ke Kominfo,” tukas H Idrus Taufik Saidi.

Kendati begitu, pria yang dekat dengan awak media ini masih menutup rapat nama salah satu grup facebook yang diadukan masyarakat ini. Namun langkah untuk menindaklanjuti pengaduan sudah dilakukan.

“Kita didaerah belum bisa bisa mengoreksi atau melacak IT address.Nah, kami juga sudah berkoordinasi dengan provinsi tapi tidak ada juga alat untuk itu. Kemungkinan kami akan turun ke kementerian Kominfo atau badan cyber negara untuk masalah ini,” jelasnya.

Meski belum ada alat untuk mengecek IT address, namun pihaknya telah diberi tips atau petunjuk agar pihak Facebook merespon secara langsung aduan masyarakat itu. Tipsnya pun sangat sederhana.

“Di facebook itu ada pilihan contreng. Nah, jika kita memiliki kesadaran, umpamanya terdapat pelecehan atau ujaran kebencian dalam grup maka boleh dipilih dan diadukan dengan penjelasan yang sama. Pihak facebook akan merespon sendiri aduan itu. Jika sudah ada 50 orang yang mencontreng dalam grub bahwa terjadi pelecehan atau ujaran kebencian maka kemungkinan facebook akan menganulir atau bahkan menutup akun grup itu. Itu tips setelah kami berkoordinasi,” tukasnya. (uky/war)

Facebook Comments
Baca Juga :  Ali Mazi Beberkan Alasan Tina Nur Alam Masuk NasDem