Pj Bupati Buton Launching Aplikasi Radar

Pj Bupati Buton, Basiran, saat melaunching Aplikasi Radar, di Rumah Jabatan Bupati Buton, Jumat 31 Maret 2023. (Foto Istimewa)

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Pj Bupati Buton, Drs. Basiran melaunching Aplikasi ReminDer Amalan Ramadhan (Radar). Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi pengingat dan deteksi diri dalam melaksanakan setiap amalan ibadah di bulan suci ramadan sehingga kemudian meraih hari kemenangan dan kembali fitrah.

“Semoga kita semua diberikan rahmat dan berkah untuk itu,” kata Basiran di Rumah Jabatan Bupati Buton, Jumat 31 Maret 2023.

- Advertisement -

Dikatakan Pemkab Buton sedang bersiap untuk pelaksanaan STQH tingkat Kabupaten Buton dan tingkat Provinsi.

“Jadi, untuk peserta STQ dari Kabupaten Buton jangan memakai Qori dan Qoriah dari luar. Kita berdayakan anak-anak di Kabupaten Buton,” katanya.

Tak kalah penting, lanjut Pj Bupati, besaran zakat fitrah harus segera ditetapkan di bulan ramadan ini.

Kemudian pihaknya juga akan isbath nikah kepada masyarakat yang kurang mampu yang belum mempunyai surat nikah, mengingat pentingnya surat nikah di dalam penyelenggaraan pemerintahan. Kegiatan ini rencana dimulai di Kecamatan Kapontori.

“Untuk itu diharapkan semua OPD untuk mengevaluasi kembali hal-hal yang menjadi atensi untuk dilaksanakan. Mengingat tinggal lima bulan lagi tugas saya selesai di Kabupaten Buton. Oleh sebab itu hal-hal yang sudah saya instruksikan segera kita dituntaskan sesuai dengan rencana kerja saya,” tandasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton, Mochtar menjelaskan penetapan zakat yang telah sepakati dengan ketua Baznas dan komisaris, 2,5 kg atau 3,5 liter beras atau berupa uang sebesar Rp 45.000 dan infaq yang disepakati bersama adalah sebesar Rp 10.000.

Kabag Kesra Kabupaten Buton, Wa Ode Kiana, SE menyampaikan sesuai dengan hasil komunikasi dengan Bagian Kesra Setda Provinsi Sultra pelaksanaan STQ Provinsi Sultra belum ditetapkan.

“Tetapi kita dikasih waktu untuk melaksanakan STQ Kabupaten tanggal 1, 2 dan 3 Mei. Jadi para camat untuk mempersiapkan semuanya,” tegasnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Nabung di BRI, Warga Buton Bawa Pulang Suzuki Ertiga